Pemprov Gorontalo

Kehadiran E-Kinerja, Tingkatkan Penilaian Kinerja PNS Disdikbud Provinsi Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Dalam upaya terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas penilaian kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo memperkenalkan sistem e-Kinerja melalui sosialisasi kepada ASN di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Gorontalo.

Sosialisasi yang diikuti oleh 135 PNS ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Gorontalo pada Jumat (11/8).

Sekretaris Disdikbud Provinsi Gorontalo, Rudi Deanunun menjelaskan, aplikasi E-Kinerja ini merupakan solusi inovatif yang dirancang untuk mempermudah serta mentransformasi proses penilaian kinerja bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan kehadiran aplikasi ini, diharapkan penilaian kinerja dapat dilakukan dengan lebih efisien, akurat, dan efektif. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki potensi untuk memberikan motivasi kepada para pegawai agar meningkatkan kualitas kerja setiap individu.

“Diharapkan penilaian kinerja dapat dilakukan lebih efisien akurat dan lebih efektif. Aplikasi ini juga turut memberikan motivasi serta meningkatkan kualitas kerja setiap individu,” jelas Rudi kepada tim Prosesnews.id.

Ia mengungkapkan bahwa Aplikasi E-Kinerja merupakan hal baru dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, terobosan teknologi ini dianggap sebagai langkah signifikan dalam mengukur dan meningkatkan kinerja para PNS.

Sementara itu, Pejabat Analis SDM Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Gorontalo, Gahtan Said menjelaskan, sistem e-Kinerja ini merujuk pada implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara. Tidak hanya itu, instruksi Gubernur No. 642 Tahun 2023 juga turut memberikan arahan terkait penyusunan SKP (Sasaran Kerja Pegawai) berbasis kinerja.

Aplikasi E-Kinerja ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam tata kelola penilaian kinerja di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan adanya teknologi ini, diharapkan pula bahwa proses penilaian kinerja akan menjadi lebih transparan, objektif, dan mudah diakses oleh seluruh pegawai yang terlibat.

Reporter: Rijal Zulkarnaen

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

21 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago