Pemkot Gorontalo

Kementan RI Beri Bantuan 19 Unit Pompa Air untuk Petani Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Meski lahan pertanian di Kota Gorontalo relatif sedikit dibandingkan dengan daerah lain di Provinsi Gorontalo, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia tetap memberikan perhatian khusus kepada sektor pertanian di wilayah Kota Gorontalo. Bukti nyata perhatian tersebut adalah pemberian 19 unit alat pompa air pertanian kepada para petani di Kota Gorontalo oleh Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian Kota Gorontalo, Sri Yanti Ano mengungkapkan, bantuan tersebut disalurkan kepada petani yang berdomisili di lima kecamatan, yakni Kecamatan Kota Timur, Kecamatan Kota Utara, Kecamatan Kota Tengah, Kecamatan Sipatana, dan Kecamatan Kota Barat.

“Ada sebanyak 19 unit bantuan pompa air pertanian yang diserahkan Kementerian Pertanian RI untuk petani di Kota Gorontalo. Namun, yang baru diserahkan sebanyak 15 unit pompa air pertanian dan sudah kami simpan di gudang penyimpanan milik instansi,” ungkapnya.

Sri Yanti juga menambahkan, proses penyerahan bantuan 15 unit pompa air tersebut akan dilaksanakan melalui sebuah acara resmi. Sementara itu, empat unit sisanya masih dalam proses pengiriman dari Kementerian Pertanian RI.

“Petani yang mendapatkan bantuan pompa air pertanian dari Kementerian Pertanian RI ini, mereka yang tergabung dalam kelompok tani. Proses pengusulan dilakukan dinas terkait mulai dari cek lokasi, kebutuhan petani, hingga rekomendasi penerima bantuan,” jelasnya.

Selain itu, Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian Kota Gorontalo juga berperan dalam mengantisipasi kebutuhan alat pertanian bagi petani yang tidak memilikinya. Melalui Brigade Alsintan, petani atau kelompok tani yang tidak memiliki alat pertanian dapat meminjam alat pertanian milik dinas terkait sehingga mereka tetap produktif.

“Mereka yang tidak memiliki alat pertanian tetap kami berikan perhatian khusus melalui Brigade Alsintan. Kami berharap, petani atau kelompok tani yang mendapatkan bantuan pompa air pertanian ini bisa menjaga, merawat, dan memanfaatkan dengan baik bantuan tersebut,” pungkas Sri Yanti Ano.

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

21 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago