Pemprov Gorontalo

Kemhan Lakukan Pendataan Lahan Program BCLS di Gorontalo

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah) didampingi Kadis Pertanian Muljady D. Mario (kiri), berbincang dengan Analis Kebijakan Kemhan RI Kolonel Inf. Paulus Herpomo Triwibowo di rumah jabatan Wagub, Selasa (25/8/2020). Kemhan mendata lahan milik negara di Provinsi Gorontalo untuk program BCLS. (Foto : Haris – Humas)

PROSESNEWS.ID – Kementerian Pertahanan (Kemhan) ditunjuk menjadi leading sector program lumbung pangan Indonesia. Menindaklanjuti hal itu, Kemhan melakukan pendataan lahan yang akan dilakukan untuk mendukung program Badan Cadangan Logistik Strategis ( BCLS ) di wilayah Provinsi Gorontalo.

“Saya diperintahkan oleh Menteri Pertahanan berkoordinasi dengan pemerintah daerah baik kabupaten maupun provinsi di Gorontalo untuk mencari dan memperoleh data tentang lahan kosong milik negara yang akan digunakan untuk program BCLS,” kata Kolonel Inf. Paulus Herpomo Triwibowo usai bertemu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim di rumah jabatan Wagub, Selasa (25/8/2020).

Paulus menjelaskan, lahan yang dibutuhkan untuk program BCLS seluas 35 hektar. Lahan tersebut akan ditanami singkong seluas 30 hektar dan lima hektarnya untuk padi sawah. Dijelaskannya, lahan itu nantinya akan dikelola oleh Kemhan selama 20 tahun dengan pengolahnya dari komponen cadangan yang akan dididik oleh TNI.

“Di lokasi perkebunan akan dibangun sejumlah fasilitas seperti barak untuk pekerja, gudang, dan pabrik. Mudah-mudahan di Gorontalo bisa terpenuhi lahan BCLS tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu Wagub Idris Rahim menyambut baik pelaksanaan program BCLS di Gorontalo untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Namun demikian untuk penyiapan lahan yang akan digunakan, Idris mengutarakan masih harus melalui proses pendataan mengingat lahan yang dibutuhkan itu di luar lahan eksisting.

“Masih perlu pendataan karena lahan yang akan digunakan untuk program ini di luar lahan eksisting. Mudah-mudahan bisa terpenuhi sehingga bisa mendukung program ketahanan pangan nasional,” tandas Idris. (Ads)

Share
Published by
Usman Anapia
Tags: BCLS

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

16 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

18 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

19 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

21 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago