Daerah

Keren, 2 Desa di Gorontalo Utara Ini Ikut Ajang ADWI 2021

Badar Pakaya

PROSESNEWS.ID – Dua Desa di Kabupaten Gorontalo Utara telah mendaftar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Yakni Desa Kotajin, Kecamatan Atinggola, dan Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur. Dua Desa ini memang cukup dikenal dengan potensinya.

Kadis Pariwisata Gorontalo Utara Badar Pakaya, menyebut, sebelumnya ada 25 Desa yang telah direkomendasi pihaknya untuk mengikuti event nasional yang digelar Kemenparekraf tersebut.

“Ternyata, hanya 2 Desa yang berhasil lolos dan nantinya akan dinilai oleh Pemerintah Pusat pada Desember 2021 nanti,”ujarnya, Jumat, (23/07/2021).

Badar pun optimis, jika kedua Desa tersebut, bisa meraih juara. Sebab, masing-masing punya keunggulannya tersendiri yang bisa diandalkan.

“Misalnya Kotajin, tempat ini menyimpan sejarah. Warga menyebutnya Otanojin atau Gua Jin. Kemudian pantai indah di Desa ini yang sudah tak asing lagi, yaitu Pantai Minanga,”kata Badar.

Sementara Desa Buladu sendiri lanjutnya, banyak peninggalan zaman penjajahan dan ada beberapa tempat yang membanggakan dari sisi budayanya.

Desa Bulandu kata Badar, terdapat peninggalan zaman karnafet yang sampai kuburannya ada di Desa ini.

“Dan ada juga tempat yang biasa disebut warga sekitar Belanga Besar (Tempat pengambilan emas), serta pulau Dionumo yang termasuk salah satu tempat wisata menarik di Gorontalo Utara,”paparnya.

Badar menjelaskan, 2 Desa yang masuk ADWI 2021 ini memang punya komitmen memajukan potensi dan keunggulannya masing-masing.

“Mereka pun tak tanggung-tanggung menganggarkan untuk pemberdayaan masyarakatnya, berangkat dari melihat potensi Desa, sehingga ekonominya terus berjalan,”imbuhnya.

Badar menambahkan, di tengah pandemi saat ini, memang semua harus digerakkan, tak terkecuali sektor pariwisata untuk pemulihan ekonomi.

“Mari kita dukung dan doakan, semoga kedua desa ini bakal meraih juara pada ajang ADWI 2021 tersebut. Ini juga akan mengangkat citra Daerah,”tandasnya.

Reporter : Agil Mamu

Recent Posts

Pasangan DEWA Tarik Ribuan Simpatisan di Kecamatan Tibawa

PROSESNEWS.ID – Deklarasi pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Wasito Sumawiyono, yang…

2 hari ago

Roni Adnan Siap Tingkatkan Kesejahteraan Imam dan Guru Ngaji

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Roni Adnan, mendapatkan sambutan meriah dari ratusan…

2 hari ago

Dua Bapaslon Pilkada Boalemo Terima Catatan SK Pengunduran Diri, Tiga Lainnya Lolos

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo resmi mengumumkan hasil penelitian perbaikan administrasi bakal pasangan…

2 hari ago

KPU Kabgor Akan Rekrut 4.900 Anggota KPPS, Berikut Syaratnya

PROSESNEWS.ID - Anggota Komisi KPU Kabupaten Gorontalo, Sowan Dehi, mengungkapkan syarat-syarat penting dalam tahapan perekrutan…

2 hari ago

KPU Gorontalo Gelar Rakor Persiapan KPPS Menuju Pilkada

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) pada Sabtu, 14…

2 hari ago

Forkopimda Kabgor Pastikan Tidak Ada Izin untuk Trans Queen Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gorontalo memastikan tidak ada izin yang dikeluarkan…

3 hari ago