Kab. Buton Tengah

Kesempatan Dibuka Lagi, Bantuan Pendidikan Sama-Tau di Perpanjang

Bupati Kabupaten Buton Tengah Samahuddin

PROSESNEWS.ID, BUTON TENGAH – Pendaftaran bantuan pendidikan Sama-Tau (Samahuddin-La Ntau) yang di khususkan buat mahasiswa asal Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) rencananya diperpanjang hingga 21 Februari mendatang.

Alasan perpanjangan bantuan pendidikan tersebut mengingat hingga senin (14/02/22) mahasiswa pelamar bantuan masih terbilang sedikit.

Informasi yang dihimpun prosesnews.id, mahasiswa pelamar bantuan tercatat sebanyak 287, dengan rincian bantuan pendidikan kurang mampu sebanyak 145 orang, prestasi sebanyak 119 orang dan dari S1 Kedokteran dan S2 sebanyak 23 orang.

“Pelamar bantuan pendidikan masih minim. Sehingga kita perpanjang lagi, sampai Minggu depan,” ucap Bupati Samahuddin pada sejumlah awak media, Senin (14/02/2022).

Dengan adanya perpanjangan tersebut, Samahuddin berharap agar putra putri daerah Buton Tengah (Buteng) berkesempatan untuk mendapatkan bantuan pendidikan.

“Supaya bisa membantu mahasiswa Buteng yang lagi menyelesaikan studi di perguruan tinggi, baik yang berprestasi maupun yang kurang mampu,” katanya.

Panitia bantuan pendidikan yang sementara menunggu pendaftar Beasiswa SamaTau, yang sepi hingga siang ini, Senin (14/02/2022) (Win/Prosesnews.id)

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Buteng Ahmad Nasmudin mengaku kurangnya pendaftaran bantuan pendidikan SamaTau tahun ini akibat persyaratan yang cukup apik.

Salah satunya, batas minimal IPK mahasiswa yakni 3,35 dan belum pernah menerima beasiswa yang bersumber dari mana pun serta diprioritaskan yang belum menerima beasiswa SamaTau tahun sebelumnya.

Khusus pendaftar beasiswa kurang mampu harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial sebagai bukti yang bersangkutan benar-benar dari keluarga tidak mampu.

“Kemungkinan berkurangnya mahasiswa yang mendaftar karena adanya persyaratan-persyaratan itu. Tapi mudah-mudahan dengan diperpanjangnya pendaftaran hari ini sampai Minggu depan, dapat menambah jumlah pendaftar Beasiswa SamaTau 2022,” tukasnya.

Diketahui jumlah pendaftar beasiswa tahun 2021 lalu sebanyak 650 orang. Rinciannya 201 orang mahasiswa berprestasi dan 449 mahasiswa tidak mampu. Setelah verifikasi berkas, yang lolos sebanyak 509 orang. Rinciannya, 345 kurang mampu dan 164 prestasi.

Reporter : Win

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

5 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

5 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

7 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

11 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

11 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

15 jam ago