Daerah

Ketua GMNU Desak Kapolda Sulteng, Usut Tambang Ilegal di Parimo

Aktivitas tambang ilegal di Desa Kayuboko, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parimo. (Fhoto : Istimewa)

PROSESNEWS.ID – Aktivitas pertambangan di Desa Kayuboko, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong, menuai kecaman dari sejumlah kalangan aktivis Sulawesi Tengah. Salah satunya, dari Muhammad Kaharu.

Ketua Generasi Muda Nahdatul Ulama (GMNU) Sulawesi Tengah itu, mengatakan, pertambangan di Desa Kayuboko, perlu diusut. Selain ilegal, eksploitasi kekayaan alam ini, pastinya akan berdampak buruk bagi kehidupan dan masyarakat sekitar.

“Diantara prinsip Agama, adalah menjaga keberlangsungan hidup manusia serta upaya melestarikan lingkungan. Olehnya, manusia diharuskan menjaga eko sistem lingkungan, sebagai bagian dari menjaga keberlangsungan hidup manusia di Dunia,” kata Kaharu

Hubungan kausalitas manusia dengan lingkungan, memunculkan praktek eksploitasi manusia terhadap lingkungan. Hal ini dimungkinkan karena, nilai ekonomis yang ada dalam lingkungan, memunculkan berbagai perusahaan tambang untuk mengeksploitasi lingkungan secara illegal, tanpa mempertimbangkan kehidupan masyarakat sekitar tambang.

“Kasus tambang di Desa Kayuboko, merupakan potret dari tindakan para perusahan tambang melakukan tindakan secara ilegal serta menghilangkan hak-hak keperdataan yang dimiliki masyarakat kayuboko. Ini tentu, mengancam keberlangsungan hidup masyarakat Kayuboko, akibat dampak lingkungan dari aktivitas perusahaan tambang di wilayah tersebut,” urainya

Terkait hal tersebut, ia meminta pihak berwajib tidak bersikap apatis. Sebab, problem ini membutuhkan sikap tegas para pemangku kebijakan untuk menghindari dampak lingkungan yang paling besar mengancam keberlangsungan kehidupan masyarakat Kayuboko.

Lanjut Kaharu, merujuk kaidah Ushul Fighi, menghindari kemudharatan jauh lebih baik daripada mendapatkan kemanfaatan. Maka, berdasarkan kaidah ini, Generasi Muda Nahdlatul Ulama Sulteng, secara tegas mengencam segala aktivitas tambang di Desa Kayuboko tersebut.

“Kami juga mendesak Kapolda, agar bertindak tegas pada perusahan yang melakukan aktivitas pertambangan ilegal, serta menindak tegas karena ada upaya pembiaran terhadap aktivitas tersebut,” tukas Ketua Generasi Nahdatul Ulama Sulteng.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Sulawesi Tengah (Sulteng), juga akan segera melakukan laporan terkait tambang ilegal yang berada di Kabupaten Parigi Moutong tersebut.

Hal itu sebagaimana, pengakuan Aim Ngadi, selaku Ketua DPD Pospera Sulteng. Dikatakan Aim, saat ini pihaknya terlebih dulu akan melakukan audiensi dengan Kapolda Sulteng terkait kasus pertambangan ilegal yang ada di Kabupaten Parimo.

“Kami sedang menyusun laporan tambang ilegal itu, sementara kami meminta untuk audiensi dengan Kapolda Sulteng, agar selanjutnya laporan kami di Polres Parimo segera ditindaklanjuti,” ungkap Aim kepada Prosesnews.id. Selasa, (17/11/2020).

Dibeberkannya, sebelumnya DPC Pospera Parimo, sudah melakukan audiensi dengan Kapolres Parimo, namun sayang, sampai hari ini tambang ilegal yang meresahkan warga tersebut, tidak ditindaklanjuti.

“Kami secara keorganisasian akan bertemu dengan Kapolda Sulteng, membicarakan beberapa hal. Salah satunya soal tambang ilegal tersebut,” pungkasnya (Rls).

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

12 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

16 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

16 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

2 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

2 hari ago