Pemkot Gorontalo

KIM Award 2023, Pemerintah Apresiasi Kontribusi Masyarakat dalam Dunia Digital

PROSESNEWS.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo) beri apresiasi bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) melalui KIM Award tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula BLY, Minggu (3/12/23).

Penyerahan penghargaan KIM Award dikemas dengan beberapa kategori penghargaan. Ismail Madjid selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo dalam hal ini memberi pandangan baik terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Diskominfo Kota Gorontalo.

“Perkembangan zaman telah mendorong pola pemikiran kita semua, dan digitalisasi menjadi salah satu aspek kehidupan yang tidak luput jauh dari kita. Apresiasi KIM Award ini menjadi salah satu bentuk penghargaan bagi masyarakat yang tak hentinya memberikan informasi dalam bentuk digitalisasi,”ucap Ismail.

Ismail menuturkan, survey penetrasi internet oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2023 mencatat terdapat 215,63 juta jiwa penduduk Indonesia telah terkoneksi jaringan internet. Sehingga menjadi bukti masyarakat semakin maju dan tahu tentang internet serta menjadi peluang untuk informasi bagi seluruh pihak semakin tinggi.

Tambah Ismail, eksistensi masyarakat terkait internet di zaman sekarang sangat banyak dan berbeda-beda.

“Terdapat ciri-ciri yang melahirkan generasi digital, seperti sisi devitas akan penambahan jumlah akun yang begitu banyak, proses belajar untuk pencarian data informasi melalui google dan sebagainya, kebebasan berekspresi, serta dari sisi privasi,” paparnya.

Dengan pengaruh digitalisasi seperti itu, Ismail Berharap, kolaborasi antara pemerintah, media massa, dan komunitas seperti Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dapat menghasilkan informasi yang positif. Ia juga menekankan pentingnya menyampaikan informasi, baik positif maupun negatif, dengan baik dan terbuka.

“Perlu adanya perubahan dan paradigma masyarakat untuk diarahkan dan diluruskan terkait informasi yang membuat masyarakat berpikir hal tersebut benar atau salah. Komunikasi dengan masyarakat, bukan komunikasi untuk masyarakat,” tegas Ismail.

Melalui Anugerah KIM tersebut, Pemkot Gorontalo berharap penghargaan yang diberikan bisa mendorong masyarakat untuk lebih peka terhadap informasi sekitar dan juga bisa menjadi penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat Pemerintah Kota Gorontalo.

Reporter: Yowan Moha

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

5 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

10 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago