Gorontalo

Kinerja Pj Gubernur Kategori Cukup, ASN Pemprov malah Sibuk Cari Kambing Hitam

Fadel Hulalango

PROSESNEWS.ID – Ketua PMII Kota Gorontalo Fadel Hulalango menilai jika saat ini Aparatur Sipil Negaral (ASN) di Lingkungan Pemprov Gorontalo, kelihatannya sibuk mencari kambing hitam atas viralnya berita kinerja Pj Gubernur Gorontalo hanya masuk kategori cukup yang telah dievaluasi oleh Kemendagri.

Contohnya Romy Moge selaku Sekretaris Umum Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Provinsi Gorontalo, yang juga ASN di Lingkungan Pemprov Gorontalo.

“Kalau bisa jangalah mengkambing hitamkan orang lain terkait hasil evaluasi dari Kemendagri atas kinerja Pj Gubernur Gorontalo,” kata Fadel Hulalango.

Sebelumnya, Rilis PPI Provinsi Gorontalo yang diterima redaksi, yang ditanda tangani oleh ketua PPI Roy Hasiru dan Sekretaris PPI Romi Moge, menjelaskan jika ada yang salah secara teknis dalam pengisian format penilaian dari Itjen Kemdagri RI yang dilakukan oleh admin dan tim penginput di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Ada yang salah dilakukan oleh tim penginput di lingkungan Pemprov Gorontalo yang mengakibatkan data dan fakta yang seharusnya diinput, tidak terinformasikan dan terkomunikasikan dengan baik kepada tim penilai Kinerja Penjabat Gubernur dari Itjen Kemdagri RI,” kata Roy Hasiru.

Mereka menilai selama kurang lebih 7 bulan terakhir, Pj Gubernur Hamka Hendra Noer telah berkinerja baik yaitu pada aspek pemerintahan dan aspek pembangunan.

Contohnya alokasi anggaran Pemilu Serentak, tahun 2023 Pemprov Gorontalo menganggarkan sebesar Rp 100 Milyar dan untuk
tahun 2024 Pemerintah Provinsi Gorontalo akan menggarkan sebesar Rp 100 Milyar.

“Aspek Pembangunan, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mencapai kinerja terbaik dalam hal penggunaan produk dalam negeri, percepatan belanja infrastruktur daerah untuk proyek-proyek yang dibiayai melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” jelasnya.

Termasuk Dana Alokasi Umum (DAU), percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID 19 yang kolaboratif, dukungan belanja daerah terhadap penurunan kemiskinan, pengangguran dan stunting serta penurunan inflasi daerah.

Sebelumnya, dari hasil rilis Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Penjabat Kepala Daerah Provinsi Gorontalo tidak masuk kategori berkinerja baik.

Dari total nilai sebesar 28, Provinsi Gorontalo masuk kategori Cukup diurutan 23 dengan skor nilai 20 atau sebesar 71,5 persen.

Bahkan dari data tersebut, Penjabat Kepala Daerah Kabupaten Boalemo berada diurutan 20, dengan skor nilai 21 atau sebesar 75 persen.

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

5 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

9 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

10 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago