Pemprov Gorontalo

Kinerja PTSP Gorontalo Raih Predikat Sangat Baik Tingkat Nasional

Kinerja PTSP Gorontalo Raih Predikat Sangat Baik Tingkat Nasional

PROSESNEWS.ID – Kinerja Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Gorontalo meraih predikat Sangat Baik berdasarkan penilaian Kementrian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal RI tahun 2021. Hal tersebut tertuang dalam surat Kementrian Investasi/BKPM No. 139 Tahun 2021 tertanggal 27 Agustus 2021.

Kinerja PTSP dikategorikan berdasarkan nilai yakni sangat baik, baik dan kurang baik. Kategori sangat baik dengan rentang nilai antara 80 – 100, kategori baik antara 60 – 79,9 dan kurang baik yakni kurang dari 59,9.

“Alhamdulillah Provinsi Gorontalo untuk tahun 2021 berada pada kategori sangat baik dengan akumulasi nilai 84,260. Kita berada di peringkat 12 dari 17 provinsi,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal, Energi, Sumber Daya Mineral dan Transmigrasi Pemprov Gorontalo Bambang Tri Handoko, Sabtu (9/10/2021).

Lebih lanjut kata Bambang, penilaian tersebut berdasarkan beberapa indikator yakni kelembagaan, SDM, sarana prasarana, capaian realisasi dan Inovasi. Semuanya sudah dilakukan dengan cukup baik.

Dalam hal Inovasi misalnya, dari 137 izin di PTSP sudah menggunakan aplikasi Mootame untuk tracking izin yang diajukan. Artinya, pemohon izin tinggal mengecek prosesnya melalui aplikasi tersebut sebelum akhirnya bisa diberikan.

“Kita juga punya program mobile service, jadi program pelayanan izin dengan datang langsung ke kabupaten/kota. Kita mendekat ke pemohon supaya mereka tidak jauh jauh mengurus ke provinsi,” imbuhnya.

Satu indikator yang diakuinya masih relatif rendah yakni kelembagaan. Seharunya, pelayanan PTSP dan penanaman modal menjadi satu unit organisasi mandiri. Selama ini masih digabung dengan urusan ESDM dan transmigrasi.

“Untuk pemisahan nomenklatur dinas saat ini masih dibahas di Biro Organisasi. Ada rencana untuk pemisahan menjadi beberapa dinas. Semoga saja bisa terealisasi,” pungkasnya.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

7 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago