Pemkot Gorontalo

Kolaborasi Pemerintah Daerah dan IKN untuk Wujudkan Kota Dunia

PROSESNEWS.ID – Rapat Koordinasi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diadakan di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta pada hari Kamis (14/3/2024) mengangkat tema kolaborasi antara pemerintah daerah dan IKN untuk mewujudkan visi kota dunia yang inklusif.

Kegiatan ini dipimpin oleh otoritas IKN, Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan, dan dihadiri oleh berbagai pimpinan daerah, termasuk Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Menyusul kegiatan tersebut, Marten Taha menyatakan, rapat tersebut merupakan langkah strategis yang positif bagi kemajuan Indonesia. Ia menyebutkan rapat tidak hanya memperkenalkan konsep IKN, tetapi juga merupakan loncatan peradaban yang berpotensi memberikan dampak signifikan bagi pemerintah daerah, termasuk Kota Gorontalo.

Marten juga menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dengan IKN dalam mencapai tujuan bersama.

“Kolaborasi dan sinergitas seluruh lembaga termasuk pemerintah daerah, menjadi kunci utama untuk mewujudkan cita-cita emas tanah air ini. Maka dari itu, Pemerintah Kota Gorontalo akan sejalan dengan pemerintah pusat, mewujudkan IKN demi mewujudkan Indonesia emas,” terangnya.

Kota Gorontalo sendiri sebagai pusat jasa dan perdagangan, akan mendapatkan akses yang lebih cepat dalam melakukan kerjasama dengan pemerintah pusat apabila pembangunan IKN berhasil. Hal ini karena IKN berada dalam satu wilayah dengan Gorontalo, tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam konteks ini, Marten menyatakan kolaborasi antara Gorontalo dan IKN memiliki potensi untuk mengangkat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi baru Indonesia. Gorontalo dapat berperan sebagai pusat logistik regional yang mendukung kegiatan IKN, terutama mengingat posisinya di Kawasan Teluk Tomini.

Selain itu, melalui kolaborasi dengan IKN, Gorontalo dapat menjadi fider komoditi yang penting bagi kebutuhan IKN. Pelabuhan-pelabuhan di Teluk Tomini dapat menjadi jalur penting dalam mengangkut komoditas ke IKN, sementara potensi sumber daya alam Kalimantan Timur dapat menjadi peluang ekonomi yang signifikan bagi Gorontalo.

“Dengan demikian, kolaborasi antara pemerintah daerah, termasuk Kota Gorontalo, dan IKN diharapkan dapat membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi regional dan mewujudkan visi Indonesia sebagai negara emas di masa depan,” pungkasnya.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

7 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago