Pemkot Gorontalo

Kota Gorontalo Siap Menjadi Smart City Terbaik di Indonesia

PROSESNEWS.ID — Pemerintah Kota Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis Tahap IV tentang penyusunan Master Plan Smart City di Aula Wali Kota Gorontalo pada Rabu, (4/10/23).

Acara ini menjadi tonggak penting dalam upaya mewujudkan Kota Gorontalo sebagai salah satu dari 100 kota cerdas di Indonesia.

Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono yang memimpin acara tersebut menyampaikan, program unggulan menjadi fokus utama dalam penyusunan Master Plan Smart City Kota Gorontalo.

“Program unggulan menjadi pokok pembahasan yang mendasari bimtek kali ini, dan juga dirangkaikan dengan penandatanganan dokumen bersama,” ucap Ryan.

Ryan menegaskan, Pemerintah Kota Gorontalo memiliki tekad kuat untuk mewujudkan kota cerdas. Ia juga mengatakan, acara bimtek yang dilaksanakan saat ini tentunya didasari oleh keseriusan dan tekad sebagai salah satu dari 100 smart city yang ada di Indonesia.

“514 kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Indonesia, menjadi tolok ukur penting bagi kita untuk mendapatkan predikat kota cerdas,” tegas Ryan.

Ryan mengungkapkan, sejak dilantik sebagai Wali Kota Gorontalo pada tahun 2019, ia bersama jajaran pejabat tinggi lainnya telah menyusun rencana yang matang untuk mewujudkan visi smart city, salah satunya melalui digitalisasi. Namun, ia juga menyadari tantangan besar ada di depan, seperti infrastruktur digitalisasi, layanan pemerintah online, administrasi pelayanan, dan transportasi cerdas.

Selama kegiatan Bimbingan Teknis Tahap IV, Ryan juga mengusulkan pengadaan sepeda motor (scooter) yang dapat digunakan sebagai transportasi wisata di sekitar Kota Gorontalo dengan sistem pemesanan secara digital. Ia juga menggarisbawahi pentingnya pengembangan layanan kesehatan, pemerintahan yang efisien, dan pemantauan mitigasi bencana.

Dengan kerja sama dan kolaborasi yang kuat, Pemerintah Kota Gorontalo berharap dapat merumuskan kebijakan yang mendukung mewujudkan visi smart city. Selain itu, teknologi diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Kota Gorontalo, dan partisipasi masyarakat akan menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan visi ini.

Reporter: Yowan Moha

 

Recent Posts

UNG dan UGM Laksanakan KKN Kolaborasi untuk Pemberdayaan Masyarakat di Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi dalam mendorong pemberdayaan…

2 menit ago

Kepulangan Jemaah Haji Gorontalo Kloter 12 Disambut Pj Gubernur

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyambut kedatangan 450 jemaah haji yang tergabung…

23 menit ago

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

22 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago