Pemkot Gorontalo

Kota Gorontalo Sukses Turunkan Angka Stunting dalam Dua Tahun Terakhir

PROSESNEWS.ID – Pada Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-30 yang dipusatkan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Sumatera Selatan pada Kamis kemarin (6/7/2023) mengundang seluruh kepada derah bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam momentum tahunan ini, termasuk Walikota Gorontalo, Marten Taha.

Kehadiran Marten turut memberikan apresiasi bagi penyuluh dan kader Keluarga Berencana (KB) yang telah menyumbangkan prestasi bagi Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Gorontalo, Eladona Oktamina Sidiki Menjelaskan, dalam dua tahun terakhir, Kota Gorontalo telah berhasil menurunkan angka stunting secara signifikan.

Hasil survei Sistem Surveilans Gizi Indonesia (SSGI) menunjukkan penurunan sebesar 7,4 skala poin, dengan prevalensi stunting turun menjadi 19,1 persen dari sebelumnya 26,5 persen.

Eladona menjelaskan, penurunan ini dicapai melalui intervensi gizi dan intervensi lingkungan yang sensitif, serta perubahan pola hidup masyarakat terutama pada keluarga sasaran seperti calon pengantin.

Program seperti “Tancap Nikah” juga memberikan edukasi dan pendampingan, sedangkan ibu hamil, ibu dengan bayi, dan balita mendapatkan bantuan asupan gizi yang memadai.

Selain itu, bonus demografi diperkirakan akan terjadi sekitar tahun 2030-2035, yang akan didominasi oleh para generasi muda. Oleh karena itu, Presiden telah menargetkan penurunan stunting di seluruh Indonesia mencapai 14% melalui Perpres 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

Oleh sebab itu, Eladona berharap tema Harganas tahun ini, yaitu “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju”, dapat menginspirasi semua pihak, baik pemerintah, akademisi, media massa, maupun masyarakat, untuk terus berperan, berkolaborasi, bersinergi, dan bersatu padu dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting, khususnya di Kota Gorontalo.

Reporter: Zulkarnaen

Recent Posts

Golkar Kabgor Sangat Siap Hadapi Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID - Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, mengungkapkan kesiapan partainya menghadapi…

14 jam ago

Mahasiswa KKN UNG-UGM Bantu Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Mahasiswa KKN kolaboratif dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Universitas Gadjah Mada (UGM)…

19 jam ago

Proses Rekapitulasi Suara PSU Pohuwato Rampung

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato telah menyelesaikan penyerahan dokumen rekapitulasi suara pemilihan…

20 jam ago

KPU Boalemo Pastikan Data Hak Pilih Warga Lapas Boalemo

PROSESNEWS.ID - Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Boalemo semakin intens. Komisi Pemilihan Umum…

2 hari ago

Jelang Pilkada, KPU Kabgor Laksanakan Kordinasi di Lapas

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menjalin koordinasi dengan Kalapas Perempuan Kelas III…

2 hari ago

Polda Gorontalo Dirikan Dapur Umum untuk Bantu Korban Banjir

PROSESNEWS.ID – Kepolisian Daerah Gorontalo (Polda Gorontalo) aktif dalam upaya penanggulangan dampak bencana banjir yang…

3 hari ago