Pemprov Gorontalo

Kota Tua Peninggalan Kolonial Didorong sebagai Wisata Geopark Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo didorong untuk menetapkan kota tua peninggalan kolonial sebagai obyek wisata geopark Gorontalo. Hal itu diajukan Komite Percepatan Geopark Gorontalo pada Rapat Terbatas Sinergitas Program serta Penetapan Regulasi Geosite Potensial bertempat di Kantor Wali Kota, Selasa (1/12/2020).

“Kota tua belum ada penetapan, sementara untuk Pantai Indah dengan situs tapak kaki Lahilote dan Benteng Otanaha sudah ditetapkan. Meski begitu, perlu didorong adanya regulasi dalam bentuk Keputusan Wali Kota,” kata Kepala Bapppeda Pemprov Gorontalo Budiyanto Sidiki usai pertemuan.

Poin penting lain dari hasil kesepakatan tersebut yakni memfasilitasi pembentukan dan penetapan pengelola geosite potensial serta peningkatan pelaku wisata di Kota Gorontalo. Pemkot juga didorong untuk melakukan identifikasi batas atau deliniasi kawasan geosite potensial.

“Komite juga berharap terbitnya regulasi perlindungan geologi, keanekaragaman hayati dan keragaman budaya di lokasi geosite potensial. Kita juga berharap adanya data base berbasis teknologi informasi serta bersama sama komite nantinya akan mensosialisasikan kepada masyarakat,” sambung Budi.

Penetapan wisata geopark di kota dan kabupaten ini sebagai bagian dari upaya pemprov untuk membangun identitas pariwisata yang berbasis kearifan lokal. Wisata geopark menjadi unggulan pemprov menuju salah satu program unggulan daerah yakni pariwisata yang mendunia.

Rapat terbatas tersebut dihadiri oleh 28 orang komite dan 32 orang dari Pemkot Gorontalo. Pertemuan yang dibuka Wali Kota Marten Taha itu diakhiri dengan penandatangan berita acara kesepakatan bersama. (Ads)

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

3 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

7 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

8 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago