KPU Boalemo

KPU Boalemo Mulai Verifikasi Administrasi Perbaikan Calon Bupati Perseorangan

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo mulai melakukan verifikasi administrasi perbaikan terhadap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan, Wahyudin Lihawa dan Riko Djaini.

Kegiatan ini dimulai pada Selasa, (16/7/2024), sebagai tindak lanjut dari putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Boalemo terkait pemenuhan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Meks Lagibu, salah satu anggota KPU Boalemo menyatakan, verifikasi administrasi ini dilakukan setelah putusan Bawaslu yang mengakomodir pasangan calon Wahyudin Lihawa dan Riko Djaini.

“Ya, untuk hari ini kita sementara menjalankan verifikasi administrasi lagi terhadap bakal pasangan calon Waliraja yang kemarin sudah diputuskan oleh Bawaslu. Hari ini kita mulai melakukan verifikasi administrasi,” ungkap Meks Lagibu di Kantor KPU Boalemo.

Meks menjelaskan, verifikasi administrasi ini dilakukan sesuai dengan jumlah dukungan yang sebelumnya diajukan, ditambah dengan dukungan tambahan sebanyak 2.392 yang diajukan setelah putusan Bawaslu.

“Ya, untuk verifikasi ini kita akan kembali memverifikasi sejumlah dukungan yang dimasukkan kemarin, ditambah dengan 2.392 yang pasca putusan Bawaslu harus dimasukkan. Jadi sekitar sebelas ribu lebih yang akan diverifikasi,” kata Meks.

Tahapan verifikasi administrasi untuk pasangan perseorangan Wahyudin Lihawa dan Riko Djaini akan berlangsung hingga 20 Juli 2024.

Sebelumnya, pasangan jalur perseorangan Wahyudin Lihawa dan Riko Djaini dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi faktual oleh KPU Boalemo. Namun, pasangan ini mengajukan gugatan dan dikabulkan oleh Bawaslu untuk kembali mengirim dokumen persyaratan dukungan untuk verifikasi administrasi ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

Dengan verifikasi administrasi yang sedang berlangsung, pasangan Wahyudin Lihawa dan Riko Djaini berharap dapat memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan dan melanjutkan pencalonan mereka dalam Pilkada Boalemo 2024.

Recent Posts

Sinkronisasi Data Pemilih KPU Bone Bolango Jelang Penetapan DPT

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango menggelar rapat koordinasi (Rakor) terkait penyusunan…

12 jam ago

Ribuan Ikan Koi Terlepas ke Danau Limboto Akibat Banjir Besar di Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Ribuan ikan koi di Desa Barakati terlepas ke Danau Limboto akibat banjir besar…

18 jam ago

Hasil Administrasi CPNS Kabgor, 409 Pelamar Tidak Memenuhi Syarat

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah mengumumkan hasil kelulusan administrasi untuk pendaftar Calon Pegawai Negeri…

19 jam ago

Haris Tome Soroti Pentingnya Literasi pada Momentum HAI ke-59

PROSESNEWS.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Haris Tome, menekankan urgensi literasi bagi generasi bangsa…

1 hari ago

Larangan Lokasi Kampanye, KPU Boalemo Tegaskan Aturan Baru

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo menggelar rapat koordinasi terkait regulasi kampanye untuk…

1 hari ago

Masyarakat Boliyohuto Optimis Menangkan Pasangan DEWA

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Boliyohuto menunjukkan dukungan penuh untuk pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten…

1 hari ago