KPU Bone Bolango

KPU Bone Bolango Gelar Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi Sidalih dan E-Coklit

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel Damhil, Kota Gorontalo, Selasa (19/6/24).

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman teknis terkait penggunaan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) dan Elektronik Coklit (E-Coklit).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Bone Bolango, Sutenti Lamuhu, menekankan pentingnya Bimtek ini untuk memastikan proses pemutakhiran data pemilih berjalan dengan lancar dan akurat.

“Penggunaan aplikasi Sidalih dan E-Coklit sangat penting dalam memastikan validitas data pemilih. Kami berharap dengan adanya Bimtek ini, anggota PPK dan PPS dapat memahami dan menguasai teknis penggunaan kedua aplikasi tersebut dengan baik,” ujar Sutenti.

Bimtek dibagi menjadi dua sesi utama. Sesi pertama membahas aplikasi Sidalih, sistem pengelolaan data pemilih secara terintegrasi. Peserta diberikan pemahaman mengenai fitur-fitur utama aplikasi, cara input data, verifikasi, dan validasi data pemilih.

Sesi kedua fokus pada aplikasi E-Coklit, yang digunakan untuk pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih secara elektronik. Peserta diajarkan cara menggunakan perangkat mobile untuk melakukan coklit, mengidentifikasi potensi masalah dalam data pemilih, serta cara menyelesaikan masalah tersebut.

Adnan Berahim, Anggota KPU Bone Bolango yang membidangi divisi perencanaan data dan informasi menyatakan, Bimtek Sidalih dan E-Coklit akan berperan penting dalam tahapan pilkada 2024.

“Bimtek ini sebagai modal untuk pencocokan dan penelitian yang akan dilakukan pantarlih tanggal 24 Juni hingga 24 Juli,” kata Adnan.

Menurut Adnan, penggunaan teknologi informasi menjadi sangat penting di era modern ini. Aplikasi Sidalih dan E-Coklit akan membantu PPS dan PPK dalam memastikan data pemilih yang akurat dan terupdate.

“Misalnya ada yang sudah ubah data, pindah domisili, meninggal dunia, maupun ubah status kawin itu cepat untuk divalidasi,” ucap Adnan.

Dengan pelaksanaan Bimtek ini, KPU Bone Bolango berharap para anggota PPK dan PPS dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efektif dan efisien, sehingga dapat mendukung suksesnya Pilkada 2024.

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

2 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

2 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

4 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

8 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

9 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

13 jam ago