KPU Gorontalo Utara

KPU Gorut Contoh Potensi Kerawanan dalam Tahapan Pilkada

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar rapat koordinasi terkait pemetaan daerah yang berpotensi mengalami kerawanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, pada Selasa (1/9/2024).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola, menyatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi KPU dalam menjaga kelancaran setiap tahapan Pilkada yang aman.

“Pemetaan potensi kerawanan di setiap tahapan pilkada sangat penting untuk mencegah terjadinya gangguan yang dapat mempengaruhi jalannya proses demokrasi,” ujar Sophian saat membuka rapat tersebut.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Divisi Hukum dan Pengawasan, Risan Pakaya, menegaskan bahwa tujuan rapat ini adalah untuk mendeteksi sejak dini kemungkinan potensi perselisihan yang mungkin melibatkan penyelenggara pemilu.

“Hal-hal yang menimbulkan kerawanan mulai dari sisi pencalonan hingga proses sampai dengan selesai kita deteksi sedini mungkin, supaya kita ada penanganan sedini mungkin,” jelas Risan Pakaya.

Risan juga mencontohkan salah satu kasus yang terjadi di KPU Gorontalo Utara, di mana salah satu bakal pasangan calon dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Menurutnya, situasi seperti itu harus diantisipasi sejak awal, terutama bagaimana menghadapinya jika pihak yang bersangkutan mengajukan gugatan.

Rapat koordinasi ini turut dihadiri oleh perwakilan KPU kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo, Cipayung Plus Provinsi Gorontalo, unsur pemuda, serta mantan Komisioner KPU Provinsi Gorontalo.

Recent Posts

Gusnar-Idah Fokus Sasar Generasi Muda dengan Program IT

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail dan Idah Syahidah, kembali…

8 jam ago

Santri Cerdas di Medan Politik

Oleh: Sitti Rachmi Masie, Dosen FSB Universitas Negeri Gorontalo PROSESNEWS.ID - Santri cerdas di medan…

13 jam ago

Irwan Hunawa Optimis Indonesia Lebih Maju di Bawah Kepemimpinan Prabowo-Gibran

PROSESNEWS.ID – Ketua DPRD Kota Gorontalo, Irwan Hunawa, menyampaikan harapannya kepada pemerintahan Prabowo Subianto dan…

16 jam ago

Ribuan Guru Ikuti UTBK Uji Kompetensi PPG Secara Daring di UNG

PROSESNEWS.ID – Sebanyak 8.200 guru dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer…

17 jam ago

RDP DPRD Kota Gorontalo Putuskan Sengketa Rumah ke Pengadilan

PROSESNEWS.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait…

23 jam ago

Darmawan Duming Soroti Sengketa Rumah Layak Huni di Talumolo

PROSESNEWS.ID – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Gorontalo, Darmawan Duming, memberikan tanggapan terkait sengketa…

1 hari ago