Universitas Negeri Gorontalo

Kuliner Expo Desa Olimoo’o, Mahasiswa KKN UNG-UGM Ciptakan Inovasi UMKM

PROSESNEWS.ID – Desa Olimoo’o menjadi pusat perhatian dengan diselenggarakannya Kuliner Expo yang berlangsung sejak 15 hingga 17 Agustus 2024. Acara ini digagas oleh mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama dengan warga desa setempat.

Dr. Noval Sufriyanto Talani, S.Sn, M.Ds, M.Si., Dosen Pembimbing Lapangan KKN Kolaboratif UNG-UGM, menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya kolaboratif antara mahasiswa dan pemerintah desa untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui inovasi olahan hasil perikanan.

“Dengan berbagai olahan tersebut, terbentuk 16 kelompok UMKM yang pemasarannya juga akan didampingi oleh mahasiswa KKN Kolaboratif,” ungkap Noval.

Pemerintah Desa Olimoo’o, melalui Sekretaris Desa Agus Ali, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif mahasiswa KKN dalam menggelar Kuliner Expo ini. Agus menegaskan bahwa pemerintah desa mendukung penuh kegiatan ini sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat, terutama kaum perempuan, agar mampu meningkatkan perekonomian melalui industri kecil dan menengah.

“Pemerintah desa juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Mahasiswa KKN UNG UGM, yang telah berinovasi dan memperkenalkan Desa Olimoo’o melalui kuliner expo, tentunya kegiatan ini juga akan ditindaklanjuti oleh pemerintah desa melalui program prioritas desa sebagai upaya untuk pengembangan ekonomi masyarakat melalui sumber Anggaran Pendapatan Belanja desa tahun 2025 mendatang,” kata Agus.

Lebih lanjut, Agus berharap agar program KKN ini dapat terus dilanjutkan di masa mendatang, sehingga desa Olimoo’o dapat terus menerima manfaat dari kehadiran mahasiswa KKN.

“Kami berharap UNG dan UGM akan terus mengirim mahasiswa KKN ke desa ini dengan membawa program-program yang berkelanjutan,” tambahnya.

Kuliner Expo ini bukan hanya menjadi ajang untuk mempromosikan desa Olimoo’o, tetapi juga menjadi momentum penting dalam pengembangan ekonomi desa melalui inovasi berbasis potensi lokal.

Recent Posts

KPU Kabgor Tingkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Semarak Pilkada

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo resmi menyelesaikan seluruh rangkaian acara Semarak Pemilihan…

10 jam ago

KAMMI Gorontalo Minta Disdikbud Selesaikan Kasus Bullying dalam Sepekan

PROSESNEWS.ID – Puluhan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Gorontalo menggelar aksi protes…

10 jam ago

Kapasitas Pasang-Roni Adnan Diakui Masyarakat Limboto Barat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Roni-Adnan mendapatkan apresiasi dari masyarakat saat menggelar…

11 jam ago

Usman Mbolosi Sebut Buteng Butuh Pemimpin Berkemampuan Akademis, Bukan Abal-Abal

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Ketua Kerukunan Keluarga Wambuloli, Usman Mbolosi, mengatakan hanya pasangan Dr Azhari-Adam…

11 jam ago

KPU Pohuwato Akan Rekrut 1.806 Anggota KPPS untuk Sukseskan Pemilu 2024

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato berencana merekrut 1.806 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan…

1 hari ago

Zulfikar Usira Pastikan Pasangan DEWA Akan Jangkau Seluruh Masyarakat Kabgor

PROSESNEWS.ID – Ketua tim pemenangan pasangan Hendra - Wasito (DEWA) , Zulfikar Usira menegaskan, pasangan…

1 hari ago