Pemkot Gorontalo

Kurangi Kenaikan Inflasi, Pemkot Salurkan Bantuan Pangan Non Tunai Daerah

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, di bawah kepemimpinan Wali Kota Marten A. Taha telah meluncurkan program Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNTD) sebagai langkah konkret untuk mengurangi kenaikan inflasi yang meresahkan masyarakat.

Acara peluncuran berlangsung di Gor Nani Wartabone, dengan partisipasi sejumlah masyarakat Kota Gorontalo, Jumat (8/12/2023).

Marten menjelaskan, dana yang disalurkan berasal dari insentif fiskal pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan, dengan tujuan utama meringankan beban ekonomi masyarakat.

“Dana yang kami salurkan ini ditujukan untuk mengatasi kesulitan masyarakat dalam memperoleh kebutuhan pokok,” ujarnya.

Bantuan tunai langsung BPNTD tersebut diterima oleh 1.250 masyarakat miskin ekstrim yang merupakan bagian dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Proses penyaluran berjalan lancar berkat kerjasama antara Pemkot Gorontalo, Dinas Sosial Kota Gorontalo, dan PT. Pos Kota Gorontalo. Penyaluran dilakukan melalui aplikasi penyetoran PSJ (Pos Aja) guna memastikan kelancaran distribusi bantuan.

Marten menegaskan, penyaluran BPNTD tidak hanya bertujuan untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan tetapi juga sebagai strategi pemerintah dalam menanggulangi masalah inflasi yang cenderung meningkat akhir tahun.

“Lonjakan harga yang semakin tinggi menjadi salah satu masalah inflasi, baik bahan pokok berupa pangan dan sebagainya. Oleh karena itu, penyaluran BPNTD ini menjadi salah satu upaya dalam mengatasi masalah tersebut,” katanya.

Dengan adanya bantuan non tunai ini, diharapkan dapat meredakan beban ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat, serta memberikan kontribusi positif dalam mengurangi tingkat inflasi di Kota Gorontalo.

Program ini mencerminkan komitmen Pemkot Gorontalo untuk secara aktif terlibat dalam menjaga kesejahteraan masyarakat dan menjawab tantangan ekonomi yang dihadapi oleh warganya.

Reporter: Yowan Moha

Recent Posts

Kepulangan Jemaah Haji Gorontalo Kloter 12 Disambut Pj Gubernur

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyambut kedatangan 450 jemaah haji yang tergabung…

16 menit ago

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

22 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago