Pilkada

Kurangnya Tenaga Pengajar di Kabgor, Nelson Sudah Siapkan Strategi Mengatasinya

Calon Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo dan Hendra S. Hemeto (NDH), Saat Mengunjungi Taman Budaya Limboto. (Foto: Istimewa)

PROSESNEWS.ID – Kurangnya tenaga pengajar, menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh Kabupaten Gorontalo. Hal itu tidak hanya terjadi di jenjang pendidikan SD, tapi juga di tingkat SMP.

Sebagai Calon Petahana, Nelson mengaku tau betul akan masalah tersebut. Menurut mantan Rektor UNG dan UMGo itu, kurangnya tenaga pengajar ini diakibatkan oleh banyaknya para guru yang pensiun dalam setiap tahun.

“Setiap bulan itu rata-rata ada 20 orang guru yang pensiun. Jadi dihitung saja berapa jumlah yang pensiun dalam setiap tahun. Disisi lain, pengangkatan guru di Kabupaten Gorontalo dalam satu tahun itu hanya 50-an orang,” jelas Calon Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Kamis (19/11/2020).

Nelson mengaku, dirinya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut andai nanti dirinya dan Hendra Hemeto mendapat kepercayaan dari masyarakat. Pasalnya, masalah ini berkaitan dengan keinginannya menjadikan Kabupaten Gorontalo sebagai daerah Madinatul Ilmi (Kota Ilmu).

“Salah satu upaya yang saya dan pak Hendra akan lakukan adalah mengangkat guru honorer atau guru kontrak. Mereka ini yang akan menutupi kekurangan guru tadi. Selain itu, adalah mengambil legalitas formalnya guru honor maupun tenaga kontrak. Ini harus diambil alih oleh pemerintah daerah,” beber Nelson.

Meski masalah utama terletak pada segi jumlah, kata Nelson, guru honorer yang diangkat harus-benar memiliki kualitas di bidangnya. Sebab para guru ini memilili peran penting dalam mendidik anak-anak di lingkungan pendidikan formal.

“Kami juga akan memperhatikan kesejahteraan mereka. Tidak hanya soal gaji, tapi juga berhubungan dengan tempat tinggal seperti pengadaan perumahan. Yang penting dia benar-benar miskin,” pungkasnya. (**)

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

1 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

2 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

21 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

24 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

24 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago