Kab. Buton Tengah

Kwaran Mawasangka Sabet Penghargaan Pada HUT Pramuka Ke-63 Pramuka

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah – Perayaan Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-63 yang digelar di pelataran kantor Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) membawa kegembiraan tersendiri bagi para pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Kecamatan Mawasangka.

Pasalnya, dalam upacara perayaan tersebut, Kwaran Pramuka Kecamatan Mawasangka memperoleh penghargaan juara I umum kwartir ranting tergiat tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Buteng tahun 2024.

Apresiasi atas capaian tersebut diberikan oleh Pj Bupati Buteng Kostantinus Bukide, SH.,M.Si selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Buteng berupa piala dan piagam penghargaan yang diserahkan langsung kepada Camat Mawasangka selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka, Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Mawasangka, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan, dan kepada Pembina pembina Gugusdepan selaku juara umum I, yang bertempat di Labungkari.

Penobatan juara umum I untuk Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Mawasangka diberikan berdasarkan akumulasi jumlah perolehan juara dari beberapa kategori Tergiat yaitu di antaranya :

  1. Kategori Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Tergiat. Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Mawasangka memperoleh juara Tergiat I.
  2. Kategori Pembina Gudep Tergiat Jenjang SD/MI yang didapatkan oleh :

– Pembina Gudep SDN 15 Mawasangka atas nama Kak’ Sitti Nuraini, S.Pd memperoleh Tergiat I.
– Pembina Gudep SDN 07 Mawasangka atas nama Kak’ Muhamad Alwin, S.Pd memperoleh Tergiat II.
3. Kategori Pembina Gudep Tergiat Jenjang SMP/MTs yang didapatkan oleh :
– Pembina SMPN 22 Buton Tengah atas nama kak’ Muhammad Agusman, S.Pd sebagai Tergiat III.
4. Kategori Gudep Tergiat Jenjang SD/MI yang didapatkan oleh :
– SDN 15 Mawasangka sebagai Tergiat I Kwaran Mawasangka
– SDN 07 Mawasangka sebagai tergiat II Kwaran Mawasangka
5. Kategori Gudep Tergiat Jenjang SMP/MTs yang didapatkan oleh :
– SMP 22 Buteng Kwaran Mawasangka sebagai Tergiat II.
6. Kategori Ketua Majelis Pembimbing Ranting Tergiat :
– Camat Mawasangka selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Kwartir Mawasangka memperoleh Tergiat I.

Atas capaian tersebut, Sahiruddin, Ketua Majelis Pembimbing Ranting (kaMabiran) memberi apresiasi dan salut kepada pengurus Kwaran Kecamatan Mawasangka karena memperoleh penghargaan pada perayaan ulang tahun Pramuka ke-63.

“Saya mengucapkan terima kasih atas aktifnya pengurus Kwartir Ranting Kecamatan Mawasangka sehingga mampu meraih penghargaan,” ucap Sahiruddin, saat dikonfirmasi di rumah jabatannya siang tadi, (19/08/2024).

Ia berharap, pengurus ranting kecamatan terus aktif dalam berbagai kegiatan kepramukaan yang sifatnya melatih (memberi keterampilan), termaksud ikut berwirausaha sehingga pramuka bisa terus maju dan berkembang.

“Tapi kita tidak bisa menampik bahwa keaktifan pramuka tergantung kwaran. Jika kwaran hanya pasif maka kwartir juga tidak akan berjalan. Namun jika kwaran aktif, dibantu dari ketua dudep-gudep se-Kecamatan Mawasangka dalam hal pembiayaan pasti akan jalan,” katanya.

“Karena di sekolah itu ada dana BOS dan pada dana BOS ini tidak diharamkan untuk menganggarkan kegiatan kepramukaan, sehingga para kepala sekolah tidak perlu ragu untuk menganggarkan hal itu dengan tetap bersinergi dengan kwaran,” tambahnya.

Sebab, terang Sahir, sapaan karibnya, gudep gudep juga memiliki kegiatan yang diperlombakan .

Ke depan menurutnya semua kegiatan kepramukaan akan ditata lebih baik lagi untuk bisa mengikuti kegiatan yang lebih besar lagi.

“Ke depan ini, infonya akan ada kejuaraan kepramukaan mulai dari tingkat kwaran, kwarcab, kwarda hingga kwarnas. Sehingga perlu diberikan edukasi tentang kepramukaan kepada anak-anak kita mulai dari penggalang sampai pandega,” ungkapnya.

“Dan kepada Yang Maha Kuasalah kita serahkan semua dan semoga menjadi amal ibadah buat kita semua,” kunci Sahiruddin.

Repoter: Arwin

Recent Posts

KPU Kabgor Tingkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Semarak Pilkada

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo resmi menyelesaikan seluruh rangkaian acara Semarak Pemilihan…

15 jam ago

KAMMI Gorontalo Minta Disdikbud Selesaikan Kasus Bullying dalam Sepekan

PROSESNEWS.ID – Puluhan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Gorontalo menggelar aksi protes…

16 jam ago

Kapasitas Pasang-Roni Adnan Diakui Masyarakat Limboto Barat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Roni-Adnan mendapatkan apresiasi dari masyarakat saat menggelar…

17 jam ago

Usman Mbolosi Sebut Buteng Butuh Pemimpin Berkemampuan Akademis, Bukan Abal-Abal

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Ketua Kerukunan Keluarga Wambuloli, Usman Mbolosi, mengatakan hanya pasangan Dr Azhari-Adam…

17 jam ago

KPU Pohuwato Akan Rekrut 1.806 Anggota KPPS untuk Sukseskan Pemilu 2024

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato berencana merekrut 1.806 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan…

2 hari ago

Zulfikar Usira Pastikan Pasangan DEWA Akan Jangkau Seluruh Masyarakat Kabgor

PROSESNEWS.ID – Ketua tim pemenangan pasangan Hendra - Wasito (DEWA) , Zulfikar Usira menegaskan, pasangan…

2 hari ago