DPRD Kota Gorontalo

Lapangan Pekerjaan Menyempit, Mucksin Brekat: Kolaborasi Pemerintah dan Swasta Dibutuhkan

PROSESNEWS.ID – Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Gorontalo Mucksin Brekat menyebut pemerintah memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan pekerjaan di Kota Gorontalo.

Hal tersebut disampaikan bersamaan dengan pesatnya pertumbuhan penduduk di Kota Gorontalo itu sendiri. Selain itu, para pendatang dari luar kota juga banyak yang pindah domisili dan menetap di Kota Gorontalo.

Tentunya, kata Mucksin, adanya pertumbuhan penduduk yang begitu meningkat membuat lowongan pekerjaan mulai sempit dan tingkat persaingan yang semakin ketat.

“Hal ini tidak mengherankan, mengingat Kota Gorontalo sebagai pusat ekonomi regional sehingga menarik banyak pencari kerja dari berbagai daerah,” kata Mucksin pada, Rabu (01/05/2024).

Meskipun demikian, Mucksin menekankan tidak ada larangan bagi warga daerah lainnya yang ingin mencari pekerjaan di Kota Gorontalo. Ia menilai, kesetaraan dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan merupakan prinsip yang harus dijunjung tinggi.

Dengan begitu, Mucksin mengungkapkan ini menjadi tantangan tersendiri untuk masyarakat Kota Gorontalo agar bisa bersaing mendapatkan pekerjaan, karena persaingan yang begitu banyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Mucksin menyampaikan terkait pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan juga sejumlah pihak lainnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

“Selain itu, penciptaan iklim investasi yang kondusif dan pemberian insentif dan bantuan bagi pelaku usaha juga dapat mendorong pertumbuhan sektor ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan,” tandasnya.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

6 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

11 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago