Olahraga

Leani dan Khalimatus, Peraih Emas Pertama Indonesia di Paralimpiade

Leanidan Khalimatus, Peraih Emas Pertama Indonesia di Paralimpiade 2020

PROSESNEWS.ID – Leani Ratri/Khalimatus Sadiyah sukses mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Pasangan ganda putri ini memenangi partai final para badminton klasifikasi SL3-SU5 pada Sabtu (4/9/2021) sore WIB.

Bertanding di Yoyogi National Stadium, Leani/Khalimatus mengalahkan pasangan Tiongkok Cheng Hefang/Ma Huihui di partai final. Leani/Khalimatus menang dua set langsung 21-1 dan 21-12 dalam kurun 32 menit.

Leani/Khalimatus memang memiliki segudang prestasi di para badminton. Leani/Khalimatus pernah meraih medali emas di Asean Para Games 2018.

Bahkan Leani memiliki julukan Ratu Para Badminton. Wanita 30 tahun ini memiliki prestasi cemerlang bukan hanya di ganda putri. Leani juga berjaya di tunggal putri dan ganda campuran.

Di Paralimpiade 2020, Leani Ratri masih berpeluang menambah dua medali emas lagi di Paralimpiade 2020. Dia akan bertanding di final tunggal putri SL4 pada Minggu (5/9/2021) pagi WIB melawan wakil China Cheng Hefang.

Besok Leani juga akan main di final ganda campuran. Berpasangan dengan Hary Susanto, Leani akan bersua wakil Prancis Lucas Mazur/Faustine Noel.

Leani sudah pernah menyapu bersih gelar juara di tiga nomor berbeda pada turnamen di Irlandia dan Kanada yang berlangsung tahun ini. Pada tahun 2018, Leani juga pernah dinobatkan sebagai Atlet Para Badminton Terbaik oleh BWF.

Berbeda dengan Leani, Khalimatus usianya masih cukup muda, 21 tahun. Alim, sapaan akrabnya mulai menekuni karier di bulu tangkis pada saat duduk di kelas 5 SD.

Alim bergabung dengan sekolah olahraga Bendo Sport Mojosari. Menariknya, Alim awalnya tidak bermain di bulu tangkis. Dia mengeluti voli dan sepak bola.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

6 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

11 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago