Nasional

Luncurkan Program Literasi Digital Nasional, Ini Harapan Jokowi

Jokowi

PROSESNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, program Literasi Digital Nasional sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya masyarakat yang menggunakan ruang digital.

Olehnya Kepala Negara Indonesia ini, mengaresiasi program yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tersebut.

“Saya luncurkan Program Literasi Digital Nasional hari ini, terima kasih,”ujar Presiden Joko Widodo melalui tayangan virtual pada Akun YouTube Kominfo TV, Kamis, (20/05/2021).

Jokowi berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program yang diluncurkan tersebut, untuk kegiatan-kegiatan positif. Agar, berdampak positif pula bagi kehidupan yang berkelanjutan.

“Masyarakat dapat membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif,”kata Presiden.

Ia meyakini konten-konten positif akan banyak mendominasi di ruang digital dalam negeri. Dengan begitu, beragam konten yang positif untuk berbagai jenis umur dapat dikonsumsi oleh pengguna ruang digital.

Mengingat, kegiatan ini akan membuat pengguna ruang digital dalam negeri menjadi lebih cakap dalam menggunakan ruang digital. Melalui pelatihan yang memberikan pengetahuan cara-cara bijak menggunakan internet.

“Konten-konten positif, kita harus tingkatkan, agar kecakapan masyarakat mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik dan menyejukkan yang menyerukan perdamaian,”imbuhnya.

Selain itu, dampak program Kominfo ini, juga akan berdampak positif bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di seluruh Wilayah. Sebab, mereka akan mendapatkan pelatihan untuk menggunakan ruang digital sebagai alternatif dagang secara daring.

Ini penting dilakukan oleh Pemerintah, dalam rangka meningkatkan kemampuan pelaku UMKM menggunakan ruang digital untuk menjajakan produknya. Dengan begitu, peluang produknya di beli oleh berbagai kalangan masyarakat lebih tinggi dari sebelumnya.

“Perbanyak UMKM onboarding ke platform e-commerce sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat,”pintanya.

Kepala Negara berharap, program ini akan senantiasa berlanjut dalam beberapa tahun ke depan. Agar, mampu membawa peningkatan kecakapan bagi seluruh elemen masyarakat dalam menggunakan ruang digital.

“Saya harap gerakan ini menggelinding dan terus membesar bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat,”pungkasnya.

Editor : Abdul Majid Rahman

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

5 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

10 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago