Daerah

M Yusuf Datangkan Peneliti ITB di Buteng

PROSESNEWS.ID, BANDUNG – Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Yusuf, beberapa waktu berkunjung ke Bandung sekaligus melakukan koordinasi dengan Institute Teknologi Bandung (ITB). Kunjungan itu meminta kepada sejumlah peneliti untuk mengkaji sekaligus meneliti ancaman bencana tsumami serta bagaimana analisa potensi solusi.

Alhasil, koordinasi tersebut mendapat respom baik. ITB pun berencana menyiapkan tim peneliti turun ke Sultra dengan sasaran wilayah pesisir pulau Buton dan pulau Muna.

Untuk pulau Buton, daerah yang akan dikaji atau diteliti yakni Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan (Busel). Sementara Pulau Muna, wilayah pesisir Kabupaten Buteng.

“Kita berharap dengan adanya kajian dan penelitian ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat serta pemerintah daerah terkait potensi Tsunami di daerah tersebut. Selain itu, bisa memberikan edukasi serta solusi dalam mengantisipasi apabila terjadi tsunami,” kata M Yusuf dihadapan para petinggi Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB.

Selain membahas kajian dan potensu tsunami, Yusuf juga memanfaatkan momen pertemuan dengan mengkomunikasikan prioritasnya dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta usaha pengembangan sumber daya perikanan yang dipimpinnya, Kabupaten Buteng.

“Usaha pengembangan sumber daya perikanan yang melimpah di Kabupaten Buteng yakni Teri Nasi di Kecamatan Mawasangka. Sehingga, kami berharap pihak ITB juga bisa melakukan pengkajian disana,” ungkapnya

Yusup menambahkan, dengan adanya kegiatan pengkajian tersebut bisa memberikan peluang keterlibatan sektor lainnya dalam usaha pengembangan sumberdaya perikanan yang ada. Seperti Koperasi dan UMKM dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Buteng.

Untuk diketahui, rapat koordinasi di ITB tersebut dihadiri Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, MT., Ph.D. Sekretaris Bidang Kewirausahaan LPIK- ITB, Dr. Irwan Gumilar, ST., M.Si.

Kepala Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut (PPWPL)- LPIK ITB, Mohammad Farid, S.T., M.T., Ph.D. Asisten 1 PPWPL Muhammad Rizki Purnama, S.T., M.T, Asisten 2 PPWPL Ahmad Nur Wahid, S.T., M.T, Admin PPWPL Andy Rinaldi, SE.

Reporter: Win

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

12 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

16 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

16 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

2 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

2 hari ago