Gorontalo

Mampu Buat Masyarakat Tersenyum, Ronald : Terima Kasih Dinas Capil Boalemo

Pelayanan jemput bola pengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang digagas oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Boalemo, belum lama ini.

PROSESNEWS.ID – Kebijakan pemerintah dalam bidang pelayanan administrasi kependudukan, sukses dijabarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Boalemo.

Sejak diterbitkannya Perpres nomor 96 tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, pengurusan administrasi kependudukan semakin dipermudah. Hal ini begitu dirasakan oleh masyarakat.

Seperti yang diungkapkan Kepala Desa Kaaruyan Ronald Christoffel Rampi. Ia menyampaikan apresiasi atas pelayanan Dinas Capilduk Kabupaten Boalemo. Dimana, begitu cepat dalam merespon berbagai permintaan untuk pelayanan pengurusan administrasi kependudukan.

“Saya mengapresiasi pelayanan Dinas Dukcapil yang sangat prima. Ini benar-benar kami rasakan, dimana masyarakat desa kami bisa mendapatkan pelayanan pengurusan administrasi kependudukan secara cepat dan lancar,” kata Ronald.

Buktinya kata dia, belum lama ini ada beberapa warga yang tengah mengurus kepindahan. Baik dari Kaaruyan pindah ke tempat lain. Sebaliknya, ada pula yang dari tempat lain pindah ke Desa Kaaruyan.

“Ada dari Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, Bitung pindah ke Desa Kaaruyan. Menariknya hanya dalam waktu 5 menit, semua urusan bisa selesai dan lancar. Pelayanan memang prima,” ujarnya

Tak hanya itu, Ronald menyebutkan, pihak Dinas Dukcapil Boalemo, juga begitu tanggap dalam menerbitkan dokumen akta kematian dari alm. Rolly Mauritz Lumingas, Kadis DLH Kabupaten Boalemo.

“Saat pemakaman, akta kematian langsung diserahkan oleh bapak Bupati Boalemo. Begitu juga dengan akta kelahiran, akta pernikahan, KTP dan KK. Semua sangat mudah diurus, ini karena Dukcapil sangat responsif dalam pelayanan kepada masyarakat,” bebernya.

Semua ini menurut Kades Milenial itu, tentu tidak lepas dari peran dan upaya jajaran Dinas Dukcapil Kabupaten Boalemo, demi membuat masyarakat di Bumi Damai Bertasbih ini, tersenyum bahagia.

Diwawancarai terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Boalemo Teguh Djatmika kepada awak media ini menjelaskan, hal itu merupakan amanat sekaligus tanggung jawab yang sudah dipercayakan kepada Dinas Dukcapil.

“Selama dokumen persyaratan semuanya lengkap, pasti penerbitan dokumen, pun bisa berjalan dengan lancar dan cepat,” kata Teguh.

Sebab menurutnya, hal ini menjadi arahan Bapak Bupati Boalemo Darwis Moridu dan Wakil Bupati Anas Jusuf yang menginginkan masyarakat Boalemo, tersenyum bahagia melalui berbagai layanan kemasyarakatan. (Majid Rahman)

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

6 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago