Gorontalo

Masjid Agung Baiturrahim Ikut Fatwa MUI Cegah Covid-19

PROSESNEWS.ID – Belum lama ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa pelaksanaan ibadah di tengah merebaknya pandemi virus Covid-19. Fatwa tersebut menerangkan tentang langkah yang perlu dilakukan oleh umat muslim di tengah pandemi virus tersebut.

Untuk mendukung fatwah tersebut, Badan Takmirul Masjid Baiturrahim, Kota Gorontalo, belum melakukan kegiatan shalat 5 Waktu maupun shalat Jumat berjamaah.

Yusrin Deu selaku Ketua Takmirul Masjid Baitul Rahim menjelaskan, sebagai Masjid Agung, yang berada dibawah Pemerintah Kota Gorontalo, tentu kita mendukung kebijakan tersebut.

“Jamaah masjid juga turut mendukung kebijakan pemerintah dan Fatwa MUI terkait tatacara pelaksanaan Ibadah pada situasi terjadi wabah Covid-19,” terang Yusrin.

Terkait dengan anjuran kementerian Agama dan MUI, Yusrin juga mengaku, pihaknya belum lama ini menggelar rapat, membahas langkah pengurus masjid untuk mengimplementasikan anjuran dan fatwah itu.

Untuk protokol kesehatan pun pihaknya selama ini, sudah melaksanakannya sesua dengan ajuran yang disampaikan baik oleh MUI maupun pemerintah.

“Himbauan protokol itu beberapa kita tempelkan di beberapa bagian masjid. Selain itu juga kita sampaikan langsung kepada beberapa jamaah yang datang untuk shalat. Seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir yang telah kita siapkan.

Selama salat disini juga kita menganjurkan jamaah untuk membawa sendiri peralatannya seperti sajadah dan lainnya. Bahkan tidak ada salaman,” jelas Yusran. (Usman)

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

8 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

13 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago