Daerah

Media Diminta Meluruskan Berita Hoaks tentang Covid-19

Sekretaris Kominfo Kabupaten Gorontalo Utara, Azhari. (Foto : Istimewa)

PROSESNEWS.ID – Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Gorontalo Utara, Azhari mengatakan, peran media cukup berpengaruh dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas.

Untuk itu, ia mengimbau para awak media, agar terus bersinergi bersama untuk membantu tugas-tugas penting saat ini, berkaitan dengan penanganan pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) yang masih terus melanda tanah air.

Sebelumnya ia mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) solidaritas nasional penanganan virus corona secara virtual, bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Di mana, melalui kesempatan itu, Kemenko PMK memaparkan 7 hal penting tentang penanganan pandemi.

Pertama, diperlukan komitmen bersama pemerintah daerah, baik itu lembaga pemerintah atau masyarakat dalam memperkuat solidaritas dan gotong royong penanganan covid-19.

Kedua, kementerian lembaga diminta agar merespon pemenuhan kebutuhan penanganan covid-19 yang diajukan pemerintah daerah.

Ketiga, kepala daerah diminta mampu meningkatkan semangat solidaritas dan gotong royong dengan mengkonsulidasikan pengarahan sumber daya  dan dukungan peran serta aktif dunia usaha.

Keempat, media diminta agar berperan penting dalam hal mengedukasi masyarakat dan meluruskan berita-berita hoax terkait covid-19.

Kelima, penguatan gerakan solidaritas dan gotong royong seluruh lapisan bangsa untuk menuntaskan penularan covid-19, termasuk percepatan vaksin.

Keenam, media juga diminta untuk meluruskan informasi yang berkaitan deng covid-19 terutama dalam isu-isu hoax yang beredar. Terakhir, Kemenko PKM membuat tempta sekretariat bersama dan menyusun rencana aksi

Azhari mengatakan, semua daerah menyampaikan strategi inovasi masing-masing daerah untuk melakukan penanganan Covid-19 dengan selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Dari hasil rakor tadi, intinya pemerintah pusat ingin setiap stakeholder dari kalangan manapun harus sama-sama berjuang melawan covid-19,”pungkasnya.

Reporter : Agil Mamu

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago