Gorontalo

Melantik LSM Gerhana, Wagub Idris Minta Laksanakan Fungsi Kontrol Organisasi

PROSESNEWS.ID – Melantik pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerhana Provinsi Gorontalo periode 2020-2025. Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, minta pengurus laksanakan fungsi kontrolnya terhadap pemerintah.

“Tiga komponen yang memiliki peran yang sangat strategis dalam pelaksanaan pembangunan, yaitu pemerintah, akademisi, dan masyarakat. Menurutnya, LSM sebagai perwakilan masyarakat memiliki fungsi kontrol atau pengawasan terhadap pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan,” tutur Idris saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerhana Provinsi Gorontalo di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo. Rabu (11/3/2020).

Kata Idris, Ketiga komponen itu harus bersinergi karena tujuannya sama yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bukan sebaliknya, saling mengganggu satu dengan yang lainnya.

Lanjutnya, yang terpenting dari pelantikan adalah program kerja serta rencana aksi yang akan menjadi acuan dan dasar dalam mencapai tujuan LSM Gerhana.

Sebab itu dalam pernyataannya, Wagub Gorontalo dua periode tersebut berharap, baik LSM Gerhana maupun LSM lainnya yang ada di Provinsi Gorontalo senantiasa dapat memberikan kritik dan masukan yang konstruktif guna tercapainya visi Pemprov Gorontalo yaitu terwujudnya masyarakat Gorontalo yang unggul, maju dan sejahtera.

“Pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri. Butuh peran masyarakat salah satunya melalui LSM dengan saran dan masukan yang konstruktif untuk kemajuan Gorontalo,” ucap Wagub Idris Rahim.

Sementara itu Ketua LSM Gerhana periode 2020-2025, Djaber Tangoi, dalam sambutannya pada kesempatan itu menegaskan bahwa LSM yang dipimpinnya akan selalu memperjuangkan aspirasi masyarakat Provinsi Gorontalo. Djaber juga mengutarakan tekadnya untuk sepenuhnya mendukung program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Saya berjanji untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya, tanpa pamrih untuk kepentingan masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi dan golongan,” tandas Ketua LSM Gerhana, Djaber Tangoi. (Ads)

View Comments

  • "trima kasih, artikel anda sangat inspiratif semoga bermanfaat bagi banyak orang

Share
Published by
Editor

Recent Posts

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

3 menit ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

19 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

22 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

22 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago