Traveling

Menakjubkan, Inilah Surga Tersembunyi di Boalemo

Koral Salvador Dali (dikenal luas dengan nama Salvador Dali Sponge) adalah bunga karang raksasa yang hanya dapat ditemukan (endemik) di perairan Gorontalo. Bunga karang ini merupakan salah satu jenis spesies spons yang memiliki nama latin Petrosia lignosa.

Spot Monthuli Island (Dok. POSSI Pohuwato)

Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, cukup dikenal dengan beberapa objek wisata alamnya. Diantaranya, Pulo Cinta, Pantai Ratu, Pantai Indah Bolihutuo, dan beberapa Destinasi Wisata Desa, seperti Wisata Desa Pelangi Olibuu, Kecamatan Paguyaman Pantai, dan pula Wisata Bulalove Desa Hungayonaa, Kecamatan Tilamuta.

Beberapa objek wisata di atas, tak asing lagi di mata masyarakat, khususnya masyarakat Boalemo. Tapi, ternyata perlu kakanda, ayunda dan adinda ketahui, ada juga keindahan alam yang lebih menakjubkan lagi di Daerah bertajuk Damai Bertasbih ini. Sangat jarang diketahui, karena memang jarang terekspos luas di media sosial. Penasaran kan ?

Adalah alam bawah laut. Keindahan alam bawah laut di Daerah ini boleh dikatakan surga yang tersembunyi. Siapa sangka mantan Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga saja pernah menyelam (Diving) di Boalemo. Bahkan, saking penarasannya Bupati Pohuwato 2 Periode itu, berencana akan melakukan penyelaman kembali di Daerah yang saat ini dipimpin Plt Bupati Boalemo Anas Jusuf.

Mantan Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga di Taman Salvador Monthui Island Boalemo. (Dok. POSSI Pohuwato)

Mitro Nanto, salah satu pengurus Organisasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Boalemo, membenarkan jika mantan Bupati Pohuwato 2 Periode yang juga sebagai Ketua POSSI Provinsi Gorontalo, akan menjadwalkan kembali waktunya bersama para pengurus POSSI, untuk menyelam dan mengksplor keindahan bawah laut Boalemo.

“Memang jarang diketahui masyarakat, olehnya kami menilai ini sangat berpotensi dalam artian, untuk lebih mengangkat citra Daerah ke kanca nasional hingga ke internasional, bahwa ternyata di Boalemo punya alam bawah laut yang sangat indah,”tutur Mitro, selaku Kepala Bidang Promosi POSSI Boalemo kepada Prosesnews.id, Rabu, (21/07/2021).

Keindahan alam laut Monthuli Island Boalemo. (Dok. POSSI Pohuwato)

Mitro menuturkan, adapun yang menjadi titik lokasi penyelaman Ketua POSSI Provinsi Gorontalo Syarif Mbuinga bersama Tim POSSI Boalemo dan pengurus POSSI Pohuwato beberapa pekan lalu, yaitu Monthuli Island atau Pulau Monthuli yang berada tepat depan Wisata Pantai Bolihutuo, Kecamatan Botumoito.

Di Pulau Monthuli sendiri kata Mitro, tim POSSI sempat mengabadikan momen-momen terbaik yang didapati saat menyelam bersama. Diantaranya, Hamparan Taman Salvador dan sebuah makluk laut yang sangat cantik bernama Siput Neon Nembrotha Kubaryana.

Siput Neon Nembrotha Kubaryana di Monthuli Island. (Dok. POSSI Pohuwato)

Di mana, siput ini juga dikenal sebagai siput neon variabel atau dusky nembrotha, adalah spesies siput laut berwarna-warni, dorid nudibranch, moluska gastropoda laut dalam keluarga Polyceridae.

“Taman salvador ini masih terus tumbuh dan berkembang. Dia sejenis terumbu karang yang hidup. Ada sejumlah salvador yang didapati di Pulau Monthuli. Pastinya, akan memanjakan mata wisatawan yang hobi menjelajah bawah laut, taman taman Salvador Boalemo siap menawarkan keindahan yang tak kalah dengan alam laut di Daerah lain di Indonesia,”imbuh Mitro.

Penulis : Abdul Majid Rahman

Baca Juga : Nikmati Keindahan Wisata Alami Pantai Bolihutuo

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

10 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago