Pemprov Gorontalo

Merlan Uloli Resmi Jabat Bupati, Kebanggaan Baru bagi Perempuan Gorontalo

PROSESNEWS.ID — Merlan S. Uloli memastikan diri sebagai bupati perempuan pertama di Provinsi Gorontalo. Pelantikan Merlan sebagai Bupati Bone Bolango sisa masa jabatan 2020-2025 dilakukan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya di Aula Rumah Jabatan Gubernur, Senin (15/1/2024).

Perempuan kelahiran 20 Mei 1965 itu sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati sejak 4 November 2023 usai pasangannya Hamim Pou mundur dari jabatan bupati. Ia akan menjabat hingga ada hasil Pilkada 2024.

Merlan Uloli diketahui berasal dari Kabila, Kecamatan Bone Bolango. Ia merantau di Papua dan merintis karier ASN mulai dari honorer. 22 tahun karier birokrasinya ditutup sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura sebelum akhirnya menjabat Wakil Bupati Bone Bolango.

“Alhamdulillah ini merupakan sebuah kebanggaan bagi saya dan semua perempuan di Gorontalo dan Bone Bolango khususnya. Allah memberikan kita kepercayaan dan ternyata asumsi selama ini (perempuan tidak bisa jadi pemimpin) terpatahkan,” kata Merlan saat diwawancarai usai pelantikan.

Ia menilai pelantikan ini menjadi bukti bahwa perempuan Gorontalo bisa berkarier dan berbakti bagi daerah. Ia mengajak semua perempuan bergandengan tangan membangun daerah.

“Bersama sama bergandengan tangan membangun daerah ini. Bersama sama kita mengisi kemerdekaan ini, pembangunan ini dengan hal hal yang bisa kita kerjakan tapi punya dampak dan menolong masyarakat,” imbuhnya.

Adik mantan Wakil Gubernur Gorontalo periode 2010-2012 itu menilai pelantikan dirinya penting untuk Bone Bolango. Berstatus sebagai bupati definitif Merlan bisa lebih leluasa mengambil kebijakan dan menjalan pemerintahan, pembangunan serta sosial kemasyarakatan.

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

3 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

5 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

9 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

9 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

13 jam ago