Gorontalo

Mucksin Brekat Nilai Kerjasama Ehime Jepang Dengan Gorontalo Jadi Peluang Ekonomi Baru

PROSESNEWS.ID – Aleg DPRD Kota Gorontalo, Mucksin Brekat menilai kedatangan Direktur Prefektur Ehime Jepang Tokihiro Nakamura ke Gorontalo, merupakan peluang belajar anak muda dan Pemkot untuk pembangunan dan perekonomian Kota Gorontalo kedepan.

Jepang terkenal dengan orang-orangnya yang disipilin dan punya etos kerja yang luarbiasa. Selain sumber daya manusia yang mumpuni, teknologi Jepang telah diakui hampir di seluruh dunia.

“Yang pertama kita harus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yg telah membuka ruang kerja sama antara Gorontalo dan Jepang. Ini tentu merupakan sebuah peluang besar bagi masyarakat Gorontalo, terutama Kaula muda yang ingin mencari jati diri dalam profesi yg akan dilakoni utk menunjang masa depan,”ucapnya

Adapun fokus kerjasama yang dijalin Gorontalo dan Ehime yakni dari segi Manajemen Lingkungan, pembangunan ekonomi, industri pertanian dan kehutanan, serta pendidikan dan pelatihan.

Dikatakannya, peluang ini harus ada support dan intervensi anggaran yang cukup serius dari Pemerintah Daerah.

“Berhubungan dengan 4 esensi kerja sama, apalagi pada point bidang pembangunan ekonomi, bidang industri, dan pertanian kehutanan, ini tentu harus di prepare secara komprehensif agar kita benar-benar mampu melahirkan calon tenaga kerja yg bmumpuni, serta mampu mengimbangi skill orang-orang Jepang,”harap Mucksin Brekat.

Ia berharap kerjasama ini dimanfaatkan sebaik mungkin, agar peningkatan pembangunan dan perekonomian Gorontalo bisa bersinergi dengan baik.

“Dalam persiapan tentu harus ada intervensi anggaran yg digunakan utk pemberdayaan SDM masyarakat kita, apalagi kalo di bidang industri, tentu kita harus belajar banyak sama orang Jepang, ini merupakan peluang dan juga tantangan bagi Pemerintah Gorontalo,”tandasnya.

Reporter : Sandri Mooduto

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

5 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

9 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

10 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago