Pemda Gorontalo

Nelson Tekankan 4 Poin Penting pada Musrenbang RPJPD

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD) Tahun 2025-2045 merupakan momentum penting.

Bukan tanpa alasan, hal diungkapkan bersamaan dengan strategi dan pemetaan program-program yang akan menjadi prioritas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta membangun daerah lebih maju.

Bersamaan dengan itu, Nelson menekankan sejumlah poin penting dasar dalam merumuskan pelayanan dan pembangunan daerah Kabupaten Gorontalo yang bisa menjawab aspirasi masyarakat, di antaranya:

1. Kesejahteraan Masyarakat

Harapan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Gorontalo melalui peningkatan ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan akses terhadap kebutuhan dasar. Visi ini menunjukkan komitmen untuk memastikan seluruh warga menikmati kesejahteraan yang merata dan inklusif.

2. Kemandirian Daerah

Harapan untuk menjadikan Kabupaten Gorontalo sebagai daerah yang mandiri dalam berbagai aspek, terutama ekonomi. Ini mencakup penguatan sektor-sektor ekonomi lokal, seperti pertanian, perikanan, dan pariwisata, serta pengembangan industri kreatif dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kemandirian ini juga berarti mengurangi ketergantungan pada bantuan eksternal dan meningkatkan kapasitas lokal.

3. Kemajuan dalam Berbagai Bidang

Harapan untuk memajukan Kabupaten Gorontalo di berbagai bidang, termasuk infrastruktur, teknologi, pelayanan publik, dan tata kelola pemerintahan. Ini mencakup modernisasi dan peningkatan efisiensi dalam pelayanan kepada masyarakat, serta pembangunan yang berorientasi pada inovasi dan teknologi.

4. Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan

Harapan untuk menjaga dan mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan, memastikan bahwa pemanfaatan sumber daya tidak merusak lingkungan dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

“Jadi, ini mencerminkan komitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, seperti konservasi lingkungan, pengelolaan sumber daya alam yang bijaksana, dan pengurangan dampak negatif terhadap ekosistem,” jelas Nelson pada Rabu (24/07/2024)

Lebih lanjut Nelson mengatakan, Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah fondasi utama dalam pembangunan daerah. Pendidikan dan kesehatan adalah dua sektor yang harus kita perhatikan dengan serius.

“Meningkatkan kualitas pendidikan berarti menyiapkan generasi penerus yang cerdas, kreatif, dan inovatif. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa setiap anak di Kabupaten Gorontalo mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas sejak usia dini,” pungkasnya.

Reporter: Pian N. Peda

Recent Posts

KPU Gorontalo Terima Pasang Roni-Adnan untuk Perbaikan Administrasi

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menerima kunjungan Pasangan Calon (Paslon) Bupati Gorontalo…

51 menit ago

Volatilitas Partai dan Gamangnya Pemilihan pada Pilkada

PROSESNEWS.ID - Dinamika politik Gorontalo, khususnya untuk kontestasi Pemilihan Gubernur sangat menarik dan menantang. Secara…

6 jam ago

Bawaslu Provinsi Gorontalo Edukasi Mahasiswa UNG Pengawasan Pemilu Jujur

PROSESNEWS.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo hadir di tengah-tengah mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo…

10 jam ago

Kostantinus Lantik 12 Pj Kades, Satu Kades Diroling

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), H. Kostantinus Bukide, kemarin melantik…

10 jam ago

Upaya Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, Pemda Buteng Gelar Pangan Murah

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pangan…

1 hari ago

Rakor KPU Bonebol Bahas Masukan Masyarakat dan Data Ganda Pemilih

PROSESNEWS.ID – Bertempat di UTC Damhill, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan Rapat…

1 hari ago