KPU Kab Gorontalo

Pada Pelaksanaan Pemungutan Suara, Rasid Imbau Masyarakat Patuhi Prokes

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, Rasyid Sayiu

PROSESNEWS.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gorontalo, Rasyid Sayiu, mengimbau kembali kepada masyarakat, dalam pelaksanaan jalannya pemungutan dan perhitungan surat suara, tetap mematuhi Protokol Kesahatan (Prokes).

Dejelaskannya, ini dilakuan karena secara umum ketentuan penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2020 ini, harus memperhatikan penyebaran Covid-19.

“Ini menjadi ketentuan utama dalam penyelenggaraan pemilihan umum untuk mencegah penyebaran pandemi covid-19, dan ini juga menjadi syarat utama dalam penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020,” ungkap Rasyid Sayiu, saat diwawancara awak media di Ruang Kerjanya, Selasa, (8/12/2020).

Ia mengungkapkan, dalam pelaksanaan pemelihan Kepala Deerah serentak tahun 2020 ini dibuka, karena memdapatakan persetujuan dari Menteri Luar Negri (Mendagri), dan DPRD Kabupaten Gorontalo dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sebab ini menjadi persyaratan utama dalam pemilihan umum.

“Sejak pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020 ini di buka kembali, Menteri Luar Negri (Mendagri) dan DPRD menyetujuinya, sejak itu kita dalam proses pelaksanaan sudah melakukan tahapan penerapan protokol kesehatan Covid-19, dan juga berkoodinasi pihak terkait, Dinas Kesehata, Gugus tugas, dan TNI/Polri,” ucapnya.

Selain itu, Rasyid mengatakan untuk proses pelaksanaan pemungutan dan perhitungan surat suara, masyarakat di minta agar tidak berkerumunan di tiap-tiap TPS.

“Untuk masyarakat yang ingin menyasikan jalannya pemungutan dan perhitungan surat suara, jangan ada yang berkerumun di masing-masing TPS, boleh menyaksikannya, tapi jangan ada yang berkerumunan, sebab ini akan menjadi klaster baru dalam covid-19,” tegasnya.

Rasyid berharap, proses pemungutan dan perhitungan surat suara berakhir, Ia menghimbau kepada semua Paslon dan masyakat serta semua pihak agar tidak menambah gerakan tambahan yang mengakibatkan masyarakat bisa berkerumunan.

“Kami berharap pada semua pihak Paslon, dan masyarakat untuk tidak melakukan kompoi, hal ini guna untuk mencegah potensi klaster baru pandemi covid-19, di akhir jalannya Pilkada,” pungkasnya.

Reporter : Rihol Igirisa

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago