Gorontalo

Pansus III Dekot Gorontalo, Godok Ranperda tentang Pemberian Nama Jalan

PROSESNEWS.ID – Ranperda mengenai Pemberian nama Jalan dan Sarana Umum masih perlu di Godok lagi di tim Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Kota Gorontalo, agar urgensi Ranperda benar-benar mendapatkan kejelasan antara pihak Legislatif dan Eksekutif.

Hal tersebut di ungkapkan Ketua Pansus III Heriyanto Thalib, usai memimpin rapat pembahasan bersama Anggota Pansus, Senin (6/2/2023). Ia berpandangan, apakah usul inisiatif ini memang harus dari Legislatif atau pihak Eksekutif.

“Memang ada perdebatan yang cukup alot di tingkat kita Anggota DPRD, terkait siapa yang menjadi usul inisiatif ranperda ini antara legislatif atau eksekutif,”ungkap Heriyanto.

“Kami menilai pembahasan ini cukup rancu, sehingga rapat ini kami rasa harus di skorsing dulu, menunggu sampai dengan pekan depan untuk dibahas kembali bersama pihak Eksekutif,”jelasnya.

Pernyataan Heriyanto bukan tanpa alasan. Baginya, Eksekutif sebagai pelaksana Teknis lapangan memang sudah seharusnya mengusulkan usul inisiatif Ranperda ini, bukan dari pihak Legislatif.

“Padahal sebelumnya kan, sudah ada perda lama nomor 15 tahun 2005. Merekalah sebagai pelaksana teknis maupun program di lapangan yang mengusulkan ranperda ini sebenarnya. Hal ini yang membuat kami agak rancu,”terangnya.

Ia menerangkan, Perda lama yang harusnya direvisi, bukan mengusulkan untuk membuat Perda baru lagi mengenai Pemberian Nama Jalan.

“Kan ada perda lama, kenapa tidak dirubah untuk direvisi. Menurut penjelasan dari pihak eksekutif bahwa memang sudah harus dibuat perda baru karena banyak aturan dulu sudah tidak berkesesuaian,”tandasnya

Reporter : Sandri Mooduto

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

7 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

11 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

12 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago