Deprov Gorontalo

Paris Jusuf Ajak Masyarakat Gorontalo Menjaga Solidaritas dalam Memperingati Hari Lahir Pancasila

Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, H. Paris Jusuf.

PROSESNEWS.ID – Pada peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo pada Kamis (01/06/23), Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris Jusuf, mengungkapkan pandangannya terkait pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam membangun masyarakat yang adil, beradab, dan solidaritas tinggi.

Paris Jusuf menyoroti nilai-nilai dasar Pancasila yang menjadi landasan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia menyampaikan pandangannya mengenai lima sila Pancasila yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu sila yang disoroti Paris adalah sila ketiga Pancasila, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan.

Dalam hal ini, ia mengajak semua pihak untuk membangun semangat musyawarah, saling menghargai, dan menjauhi perilaku saling mencela atau merendahkan satu sama lain.

“Sehingga, muaranya semua ini mengarah pada nilai keadilan sosial dan keadilan masyarakat dari semua aspek kehidupan,” tambah Paris Jusuf.

Dalam kesempatan tersebut, Paris Jusuf menyampaikan pentingnya persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia. Ia mengingatkan agar masyarakat tidak terjebak dalam perpecahan dan konflik yang merugikan.

“Persatuan Indonesia, kita harus memiliki rasa satu kesatuan dan jangan saling gontok-gontokan,” tegasnya.

Paris Jusuf berharap agar pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah, masyarakat, lembaga-lembaga, maupun LSM.

Semua pihak diharapkan berperan aktif dalam menjaga dan memperkuat nilai-nilai Pancasila sebagai landasan dalam membangun peradaban yang berkeadilan dan berkemajuan.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Provinsi Gorontalo tahun ini diharapkan menjadi momentum penting bagi semua pihak untuk merenungkan arti dan makna Pancasila serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari demi terwujudnya masyarakat yang adil, beradab, dan saling menghormati.

Reporter: Zulkaranen

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

5 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

10 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago