Gorontalo

Pastikan Keamanan Produk Pangan Dipasaran, BPOM Gorontalo Libatkan Satuan Karya Pramukanya

Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan (Saka POM) saat melakukan sampling dan uji cepat bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan.

PROSESNEWS.ID – Di tengah pandemi Covid-19, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Gorontalo tetap melaksanakan tugas, dan fungsinya, dalam hal pengawasan keamanan produk pangan yang beredar di masyarakat.

Namun, kali ini ada hal yang berbeda yang ditunjukkan oleh BPOM di Gorontalo, dimana dalam menggelar pengawasan keamanan produk pangan, mereka melibatkan Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan (Saka POM), Kamis (9/7/2020) untuk melakukan sampling dan uji cepat bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan.

Tunas-tunas bangsa ini sebelumnya telah dilatih untuk melakukan uji cepat bahan berbahaya seperti formalin, boraks, rhodamin b (pewarna kain merah) dan metanil yellow (pewarna kain kuning). Sebanyak 30 sampel yang diambil secara acak dari pasar tradisional di Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango telah diuji dan didapatkan hasil negatif untuk semua sampel.

Menurut Yudi Noviandi, Kepala BPOM di Gorontalo, menegaskan bahwa meski pandemi covid-19 ini masih terus berlangsung, pihaknya terus melakukan fungsi dan tugasnya dalam pengawasan keamanan produk pangan yang beredar di masyarakat.

“Di masa pandemi, keamanan pangan tetap harus diprioritaskan. Karena itu kami melibatkan anggota Saka POM yang sebelumnya telah kami bekali ilmu dasar untuk pengujian sampling dilapangan guna memastikan pangan yang beredar di masyarakat dan tetap masih didampingi oleh petugas dari kami, khususnya di pasar-pasar tradisional agar aman dari bahan-bahan berbahaya,” tegas Yudi.

Geliat Saka POM memang sangat terasa di Tahun 2020 ini. Walaupun termasuk Satuan Karya baru, Saka POM telah banyak memberikan kontribusi positif kepada masyarakat khususnya dalam pembinaan dan pengawasan keamanan obat dan makanan. (Adv/RF)

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

7 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

11 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

12 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago