Gorontalo

Pemda Pohuwato Gelar Rapat Persiapan Maulid Nabi Mohammad SAW

PROSESNEWS.ID – Untuk menghadapi Perayaan Maulid Nabi Mohammad SAW, Pemerintah Daerah dan Pemangku Adat menggelar rapat persiapan maulid Nabi Muhammad SAW 144 di ruang pola Kantor Bupati.

Rapat yang di pimpin Sekda Pohuwato, Iskandar Datau, didampingi Asisten Administrasi Umum, Rusmiati Pakaya, Kabag Kesra, Ibrahim Hanafi dan dihadiri Ketua PHBI Pohuwato, Yusuf Adam, perwakilan Kemenag Pohuwato, perwakilan OPD, para Camat, Bate Pohuwato, Wu’u Pohuwato dan Pemangku Adat lainnya, Kamis, (08/09/2022).

Sekda Iskandar menjelaskan, setiap tahun perayaan hari-hari besar islam selalu diperingati, sehingga untuk Maulid Nabi ini tentu adalah perayaan yang bisa dikatakan besar, karena pada perayaan ini memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad, tentu sebagai umatnya, maka perayaan ini selalu kita peringati.

”Di Gorontalo tentu sudah menjadi Budaya dan Adat Istiadat bahwa setiap Maulid Nabi digelar dua kali yakni secara Nasional dan Tradisional, untuk Nasional dilaksanakan pada malam dan dilanjutkan dengan Adat Gorontalo yakni Zikir atau Dikili sampai pagi besoknya,” jelas Sekda Iskandar.

Olehnya Sekda Iskandar, berharap agar perayaan ini bisa dilaksanakan dengan baik, dalam arti dimulai dari Turunani pada sore hari dan Zikir/Dikili pada malamnya.

“Untuk Masjid Kecamatan diminta dapat melaksanakan bersamaan dengan masjid Kabupaten atau Masjid Agung, karena para pezikir pasti banyak yang ikut pada Maulid Nabi Muhammad SAW,” pungkas Sekda Iskandar.

Terakhir Sekda Iskandar mengimbau agar partisipasi dari kita semua sangat diharapkan, terutama dari OPD dalam menyajikan Walima atau Tolangga yang akan dibagikan kepada pezikir yang ada di Masjid Agung.

Reporter: Riswan Husain

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

2 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

5 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

6 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago