Sulawesi Tenggara

Pemkab Buteng Gelar Pasar Murah Untuk Tekan Inflasi

Kadis Perindag Buteng, Lukman saat mendata warga yang ingin melakukan pembelian sembako di pasar murah, Kamis (20/10/2022).

PROSESNEWS.ID, BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) menggelar pasar murah. Hal itu dilakukan untuk mencegah kenaikan inflasi di daerah akibat kenaikan BBM.

“Pasar murah ini diadakan karena dampak kenaikan BBM. Untuk yang dipasarkan adalah kebutuhan rumah tangga,” kata Kadis Perindag Buteng, Lukman, Kamis (20/10/2022) sore.

Lukman menyebut, pasar murah yang digelar hanya dilakukan dibeberapa kelurahan yang tersebar di Buteng. Sementara untuk di Desa, pihaknya tidak menggelar pasar murah.

“Kita tidak lakukan di desa kan karena ada BLT nya dan ada juga dana desanya. Makanya kita hanya fokus di Kelurahan saja,” ucapnya.

“Selain itu ini juga sebagai bentuk intervensi daerah terhadap kenaikan harga bahan pokok dipasar,” tambahnya.

Menurut dia, sesuai rencana, pasar murah akan digelar selama 4 hari. Sejumlah bahan pokok yang dijual dalam pasar murah tersebut di antaranya, beras, gula pasir dan minyak goreng.

“Yang jelas ini ala kadarnya saja. Tapi sedikitnya bisa membantu karena harganya jauh lebih murah dengan kualitas premium,” tandasnya.

Diketahui, Perindag Buteng dalam menggelar pasar murah membagi beberapa paket sembako yang dijual. Dari masing masing item paket, terdapat selisih harga dikisaran Rp 10.000 jika dibandingkan harga pasaran.

Misalkan, harga minyak dipasaran perkilonya dijual Rp 20.000, namun Perindag menjualnya dengan harga Rp 10.000. Begitu pula dengan harga beras 25kg dipasaran yang mencapai Rp 250.000, Perindag hanya menjual Rp 170.000 saja.

Reporter : Win

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

6 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago