Pemda Gorontalo Utara

Pemkab Gorontalo Utara Keluarkan Edaran Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Tata Cara Penyembelian Hewan Kurban Iduladha 1442 Hijriah Tahun 2021.

Kepala Dinas Peternakan Gorontalo Utara, Asrin Menu mengatakan, hal tersebut menindaklanjuti Surat Edaran dari Kementerian Pertanian Nomor 8017 Tentang pelaksanaan kegiatan kurban di masa pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) Tahun 2021.

“Pak Bupati sudah menindaklanjutinya dengan mengeluarkan surat pemberitahuan kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa. Diharapkan, ini menjadi perhatian bersama,”kata Asrin, Senin, (28/06/2021).

Lebih lanjut kata Asrin, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihaknya juga akan melakukan pengawasan secara ketat, sebelum dan sesudah pelaksanaan penyembelian hewan kurban nanti.

“Kita juga sudah mengeluarkan surat permintaan kepada masing-masing desa atau kelompok masyarakat, agar dapat melaporkan berapa banyak hewan kurban yang akan dipotong. Sehingga kita bisa melakukan pemeriksaan secara antemortem sebelum dan sesudah pemotongan” jelasnya.

Kadis Peternakan menambahkan, pada Tahun 2020 lalu, jumlah hawan kurban di Kabupaten Gorontalo Utara, mengalami peningkatan. Namun untuk Tahun 2021 kata Kadis, belum diketahui secara pasti.

“Tahun ini masih belum diketahui pasti, jika melihat Tahun-tahun sebelumnya, itu justru mengalami peningkatan,”pungkasnya.

Reporter : Sukri Tahir

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago