Daerah

Pemkab Pohuwato Optimis Wujudkan Swasembada Garam

Dokumentasi Rembuk Daerah II, Integrasi Lahan Pengharaman PUGAR di Kabupaten Pohuwato. (Foto : Humas)

PROSENEWS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, optimis mewujudkan Pohuwato sebagai Daerah swasembada garam melalui gerakan Pengembangan Usaha Garam Rakyat (Pugar).

Wakil Bupati Kabupaten Pohuwato, Suharsi Igirisa mengatakan, hal ini sudah beberapa kali dibahas dengan pihak-pihak terkait. Di mana, upaya yang harus dilakukan bersama saat ini, adalah meningkatkan produktivitas garam itu sendiri.

“Alhamdulillah, pihak Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP) turut hadir pada pertemuan kali ini. Artinya, produksi garam di Pohuwato sudah dikenal oleh Pemerintah Pusat,”kata Suharsi, ketika membuka Rembuk Daerah II terkait integritas lahan Pugar, Rabu, (23/06/2021).

Di hadapan KKP, orang nomor 2 di Daerah Bumi Panua tersebut memberikan masukan, bahwa Pemkab Pohuwato membutuhkan program terintegrasi dari Pemerintah Pusat, dalam rangka mendorong pengembangan usaha garam.

“Kita menggenjot pengembangan garam bukan hanya dari sisi kuantitas saja, akan tetapi juga harus berkualitas. Dengan adanya perhatian Pemerintah, Insyaallah usaha garam di Pohuwato lebih meningkat. Sehingga dalam hal pemasaran, tidak perlu ragu lagi, dan kita ingin mewujudkan swasembada garam dalam artian kita punya produksi yang banyak dengan kualitas yang bagus,”imbuhnya.

Dengan begitu lanjut Suharsi, Pohuwato tidak susah-susah lagi untuk memasarkan, menjual ke luar Daerah, kalau memang sudah melimpah produksi garamnya. Sehingga, ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya keluarga dari para pengusaha garam.

Sebelumnya, hadir pula pada Rembuk Daerah yang berlangsung di Gedung serba guna Rumah makan Salsa tersebut, yakni Kadis Perikanan Pohuwato, Ambrin Umar, Camat Randangan, serta masyarakat pengembangan usaha garam. (Rls)

Reporter : Iskandar Badu

Recent Posts

Malam Ini Jamaah Haji Kota Gorontalo Mulai Berangkat ke Makassar

PROSESNEWS.ID - Ratusan jamaah haji dari Kota Gorontalo dilepas secara resmi oleh Wali Kota Gorontalo,…

13 jam ago

Hadiri Majelis Ta’lim, Hendra Sebut Pemimpin Harus Berpegang pada Al-Qur’an dan Hadist

PROSESNEWS.ID - Wakil Bupati Gorontalo, Hendra Hemeto, menekankan pentingnya menjadikan Al-Qur'an dan Hadits sebagai pedoman…

21 jam ago

APEKSI Sulawesi Selatan, Kota Gorontalo Sumbang Prestasi Terbaik

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kota Gorontalo telah menunjukkan peran penting dan strategis dalam memajukan Asosiasi Pemerintah…

1 hari ago

BKD Gorontalo Luruskan Informasi Mutasi 40 PNS dari Pohuwato

PROSESNEWS.ID - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo memberikan klarifikasi mengenai mutasi eksternal Pegawai Negeri…

1 hari ago

Alfa Midi Terima Apresiasi dari Wali Kota Gorontalo atas Program TJSL

PROSESNEWS.ID - PT. Midi Utama Indonesia Tbk atau yang dikenal dengan Alfa Midi menerima apresiasi…

2 hari ago

KPU Gorut Lantik 55 Anggota PPK, Tegaskan Netralitas dalam Tugas

PROSESNEWS.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Sofyan Jakfar, menegaskan anggota Panitia Pemilihan…

2 hari ago