Gorontalo

Pemprov Apresiasi Berdirinya Pabrik Bahan Bangunan di Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo, apresiasi berdirinya perusahan, yang memproduksi sejumlah bahan bangunan di Gorontalo.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Idris Rahim, saat meninjau pabrik perusahaan yang ada di Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Kamis (12/3/2020).

“Pemprov Gorontalo terus mendorong peningkatan investasi sebagai upaya untuk mempercepat kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Idris.

Ia juga mengungkapkan, Pemprov juga berupaya menarik investasi masuk ke daerah ini. Investasi merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Kata Idris, realisasi investasi Provinsi Gorontalo pada tahun 2019 mencapai Rp8,3 triliun. Capaian itu meningkat sebesar 11,6 persen dibanding nilai investasi pada tahun 2018 sebesar Rp7,4 triliun.

Investasi tersebut disumbang oleh lima sektor usaha yaitu sektor jasa sebesar Rp1,9 triliun, air dan gas Rp1,6 triliun, pertambangan Rp1,5 triliun, perdagangan dan reparasi Rp1,2 triliun, serta sektor industri sebesar Rp567 miliar,” jelasnya.

Sementara itu, Komisaris Perusahaan Tulus Grup, Arifin Djakani, pendirian pabrik ini bertujuan untuk menunjang pembangunan di Provinsi Gorontalo khususnya untuk pengembangan infrastruktur pada kawasan perumahan maupun pemukiman. Katanya, sejak tahun 2019 pihaknya sudah memproduksi paving block dan bata.

Lebih lanjut, katanya, pabrik Tulus Grup memproduksi paving block dalam dua jenis ukuran yaitu yang ketebalan enam centimeter dan delapan centimeter.

“Kapasitas produksi paving block perharinya mencapai 16.800 buah yang disuplai untuk memenuhi permintaan sejumlah pengembang perumahan maupun masyarakat umum. Selain itu Tulus Grup juga memproduksi kusen, pintu, dan jendela, dengan bahan baku kayu,” teraangnya.

Arifin menjelaskan, untuk pengembangan perusahaan ke depan, pihaknya juga akan memproduksi rangka baja, bata ringan, dan seng. Hal ini dimaksudkan untuk memperpendek jalur distribusi dari Surabaya, sehingga harga bahan bangunan tersebut akan lebih murah. (Ads)

Share
Published by
Editor

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

1 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

2 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

21 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

24 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

24 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago