Pemprov Gorontalo

Pemprov Gorontalo Gencar Sosialisasikan Penutupan Perbatasan

Seorang petugas dari Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo menyosialisasikan penutupan perbatasan kepada pengemudi kendaraan yang melintasi posko perbatasan di Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (1/5/2021). (Foto : Haris)

PROSESNEWS.ID – Lima hari menjelang penutupan perbatasan dalam rangka larangan mudik lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo gencar melakukan sosialisasi. Dari pantauan di posko perbatasan Gorontalo – Sulawesi Utara di Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara, petugas menyosialisasikan penutupan perbatasan yang akan dilakukan mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 kepada setiap pengguna kendaraan yang memasuki wilayah Gorontalo.

“Kita akan terus menyosialisasikan penutupan perbatasan ini agar informasinya sampai kepada masyarakat yang akan mudik, dan akhirnya mereka akan membatalkan niat atau menunda sementara untuk pulang kampung pada Idulfitri ini,” kata Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim usai meninjau posko perbatasan Atinggola, Sabtu (1/5/2021).

Berdasarkan hasil survei nasional sebelum adanya larangan mudik, masyarakat yang akan mudik pada lebaran Idulfitri 1442 H mencapai 89,1 juta atau 33 persen dari total penduduk. Jumlah itu menurun menjadi 29,7 juta atau 11 persen, setelah adanya larangan mudik dari pemerintah. Setelah dilakukan sosialisasi oleh seluruh unsur terkait, jumlah masyarakat yang akan mudik turun menjadi 18,9 juta atau tujuh persen.

“Hasil survei ini mengindikasikan pentingnya upaya kita bersama untuk terus melakukan sosialisasi secara masif. Kita manfaatkan beberapa hari ini untuk melakukan sosialisasi penutupan perbatasan,” ujar Idris.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim yang turut didampingi oleh sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah memantau kesiapan posko perbatasan Atinggola. Idris mengecek fasilitas yang dibutuhkan seperti tempat tidur petugas, toilet, serta media sosialisasi berupa baliho dan selebaran tentang penutupan perbatasan.

“Saya melihat persiapannya masih perlu untuk kita sempurnakan lagi. Oleh karenanya kepada OPD terkait saya minta untuk segera melengkapinya,” tandas Idris.

Recent Posts

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

8 menit ago

Dinas Pendidikan Gorontalo Adakan Bimtek Penyusunan Laporan Dana BOS dan BMD 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Dana…

22 jam ago

Kunjungi Buteng, Tina Alam Ungkap Programnya sebagai Cagub Sultra

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Tina Nur Alam bersama rombongan siang tadi berkunjung ke Buton Tengah…

2 hari ago

Coklit Data Pemilih di Boalemo Sudah Capai 67,83%

PROSESNEWS.ID - Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan oleh Panitia…

2 hari ago

Ketua KPU Gorontalo Turun Langsung Bersama Pantarlih Melakukan Coklit

PROSESNEWS.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Roy Hamrain turun langsung bersama…

2 hari ago

KPU Pohuwato Mulai Sosialisasikan PSU Dapil VII Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait perhitungan dan…

3 hari ago