Pemprov Gorontalo

Pemprov Gorontalo siap internalisasi Core Values dan Branding ASN

ASN Pemprov Gorontalo siap internalisasi dan implementasi Core Values dan Branding ASN

PROSESNEWS.ID – ASN Pemprov Gorontalo sejak Sabtu, 18 Agustus 2021, mulai menggunakan logo “BerAkhlak” dan tagar “Bangga Melayani Bangsa” di berbagai media sosial.

Penggunaan logo dan tagar ini adalah tindaklanjut surat MenPANRB No. 20 Tahun 2021 tentang implementasi Core Values dan Employer Branding ASN yang mendorong agar internalisasi core values dan branding ASN dilakukan secara parallel antara lain melalui penggunaan logo dan tagar dalam poster, konten media sosial, latar virtual, twibbon,bahan paparan dan media lainnya.

Sejak diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 27 Juli 2021, Core Values BerAkhlak dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung pencapain kerja individu dan tujuan instansi pemerintah. Core Values ASN BerAkhlak adalah akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Melalui Core Values ini ASN diminta memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat dan melakukan terus melakukan perbaikan pelayanan public. ASN juga diminta melaksanakan tugas dengan jujur bertanggungjawab, menghargai dan menolong serta terus meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah. Kesetiaan memegang teguh ideologi pancasila dan Undang-Undang Dasa 1945, setia kepada NKRI dan Pemerintahan yang sah harus menjadi prinsip dasar bagi seorang ASN.

Seorang ASN harus dapat menyesuaikan diri dengan perubahan, berinovasi dan bekerjasama menghasilkan nilai tambah, menggerakan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Presiden meminta internalisasi dan implementasi core values dan branding ASN ini dilakukan secara utuh, tidak menambah dan mengurangi defines dan panduan perilakunya. Kesemua nilai dasar memiliki panduan perilakunya. KemenPANRB meminta instansi Pemerintah harus melengkapi dengan contoh perilaku (kode perilaku) yang relevan dengan konteks tugas fungsi masing- masing.

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Gorontalo, Aryanto Husain mengatakan penggunaan logo dan tagar ini adalah bentuk komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur serta seluruh jajaran Pemprov dalam menindaklanjuti arahan Presiden. Menurutnya, penguatan budaya kerja melalui internalisasi core values dan branding ASN ini adalah salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia. Menjadi ASN adalah sebuah amanah dan kepercayaan yang harus dibayar dengan pengabdian dan pelayanan, baik sebagai abdi masyarakat dan abdi negara.

“Pak Gubernur dan Wakil Gubernur senantiasa mengingatkan hal ini dan selalu mendorong ASN Pemprov terus mengasah diri dan perilakunya dalam rangka memperbaiki pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Biro Organisasi menghimbau seluruh ASN lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo mendukung implementasi Core Values ASN BerAkhlak dan Branding “Bangga Melayani Bangsa” sebagai wujud dan komitmen Pemda atas perintah Presiden.

“Kami akan sedang menyiapkan Surat Edaran Gubernur untuk menindaklanjuti perintah Presiden ini dan akan segera didistribusikan ke seluruh OPD lingkungan Pemrov Gorontalo,” imbuhnya.

Aryanto berharap dukungan dan komitmen pimpinan sebagai Pemimpin Perubahan di lingkungan instansi masing-masing akan mendorong percepatan internalisasi core values ini. Kedepan, implementasi nilai-nilai dasar ini akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan sebagai bagian dari proses internalisasi.

“Kami akan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian, BPDSM dan instansi lain terkait agar proses internalisasi ini berjalan optimal dan lancar,” tutupnya.

Dari hasil penelusuran penggunaan logo dan tagar ini mulai ramai sejak waktu Sabtu menghiasi beranda dan status media sosial. ASN Pemerintah Provinsi Gorontalo dapat mengunduh link twibbon pada https://twb.nz/asnpemprovberahlak.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

9 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

14 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago