Gorontalo

Pemprov Gorontalo Terima Bantuan 9.600 Paket Alat PCR Swab dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole dalam sebuah kesempatan. Misranda menjelaskan saat ini Provinsi Gorontalo ketambahan 9.600 Paket Alat PCR Swab. Foto : Istimewa

PROSESNEWS.ID – Kembali, Pemerintah Provinsi Gorontalo terima bantuan 9.600 paket alat PCR Swab, dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat, Sabtu (20/6/2020). Bantuan tersebut diterima oleh BPBD dan selanjutnya diserahterimakan kepada Dinas Kesehatan.

“Semua alat ini kita butuhkan untuk uji swab di laboratorium BPOM. PCR, RNA dan Tube itu menjadi alat utama untuk swab test. Sementara cotton swab biasa digunakan untuk mengambil sampel dari tenggorokan atau hidung pasien yang selanjutnya disimpan di VTM,” jelas Pelaksana Tugas Kadis Kesehatan Misranda Nalole.

Bantuan terdiri PCR, Viral Transport Medium (VTM), RNA dan Tube masing-masing 9.600 buah. Selain itu ada juga cotton swab sebanyak 9.000 buah. Kamis kemarin, pemprov juga menerima bantuan PCR dan VTM masing-masing 10.000 buah.

Berita acara serah terima barang logistik berupa alat tes kesehatan.

Dijelaskannya, untuk swab tes pasien terindikasi covid-19 rata-rata 300 sampel per hari. Dengan kata lain, bantuan yang ada cukup untuk digunakan selama dua bulan ke depan.

Pihaknya memprioritaskan untuk pasien dengan hasil rapid test reaktif dan atau orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Pelaku perjalanan yang ingin ke luar daerah yang menuntut membawa hasil swab diarahkan ke laboratorium swasta.

“Prodia Gorontalo sudah melayani swab test mandiri. Pelaku perjalanan kita arahkan ke sana, sebab SOP kita untuk swab dikhususkan bagi yang reaktif rapid test atau yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Swab ini tidak dipungut biaya,” pungkasnya. (Adv)

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago