Kab. Buton Tengah

Penjelasan Kades Soal Pasangan Gagal Nikah di Buton Tengah

PROSESNEWS.ID, BUTON TENGAH – Dituding menghambat jalannya akad nikah yang nyaris gagal dilaksanakan, Kepala Desa Morika, Mawasangka Tengah (Masteng) Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra), Rusdin, akhirnya angkat bicara.

Kepada awak media, malam tadi, Kamis (26/05/2022) sekira pukul 20.45 Wita, Rusdin mengatakan kalau dirinya tidak punya niat untuk menghambat hajatan yang digelar oleh warganya.

“Apa yang disampaikan dalam berita itu tidak benar,” ucap Rusdin, kades Morikana saat menemui awak media.

Fatal akibatnya, kata Rusdin jika berita yang tersebar dimasyarakat tidak di klarifikasi. Karena dampaknya langsung kepada masyarakat yang dapat berpotensi konflik.

Sementara terkait rumor yang menyebutkan kalau dirinya sebagai penyebab kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Masteng tidak mau hadir diacara akad nikah dibantah keras.

“Saya tidak bicara apa-apa setelah sholat isya di masjid. Hanya saya tanya ke beliau (kepala KUA) bahwa tumben rapi dan mau kemana?. Lalu dijawab akan menikahkan salah satu wargaku,” kata Rusdin sambil menirukan perkataan kepala KUA.

Mendengar jawaban kepala KUA, Rusdin mengaku bingung dan kembali menanyakan perihal itu.

“Siapa yang menikah pak?. Lalu dijawab pak KUA memangnya kita tidak tau?, lalu saya jawab mohon maaf saya tidak tau,” cerita Rusdin.

“Memang pak desa tidak tau acara malam ini (akad nikah). Berarti saya juga tidak berani, karena pemerintah desa tidak tau. Lalu saya jawab itu terserah pak KUA,” tambahnya.

Kalau pernikahan atau resepsi yang akan digelar masyarakat Morikana, jelas Rusdin, biasanya diketahui oleh pemerintah desa minimal mendapat undangan.

Apalagi seminggu sebelumnya ia telah mengeluarkan NA atau surat numpang nikah sebagai persyaratan administrasi pasangan calon dalam memutuskan lokasi pernikahan yang digelar.

“Kita di desa ini kalau ada yang menikah harus diketahui sama pemerintah desa. Kalau tidak mau diketahui ya sudah nikah dikantor KUA saja, bukan berarti saya menghalang halangi ya. Kan model Na nya saya sudah keluarkan,” jelasnya.

Mendengar penjelasan itu, masih kata Rusdin, kepala KUA dibuat bingung. Pasalnya sebagai kepala wilayah, kepala desa tidak mengetahui kalau ada warganya yang akan langsungkan pernikahan.

“Makanya saya sampaikan ke kepala KUA terserah beliau. Mau hadiri atau menunggu yang menikah itu datang ke kantor dan itu bukan berarti saya usir pak KUAnya,” bebernya.

Sebelum menutup percakapan, Rusdin sedikit mengungkap rasa kesal terhadap beberapa orang warganya yang kerap memprovokatori dan coba membenturkan dirinya dengan masyarakat.

“Selama 2 tahun lebih hanya si A dan LA ini yang selalu tidak hargai kita, bukan berarti kita minta disanjung. Tapi di desa secara adat sudah seperti itu dan saya tegaskan kalau saya tidak pernah membeda bedakan warga saya karena pemilihan sudah berakhir,” kunci Rusdin.

Reporter: Win

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

7 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

11 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

12 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago