Pemprov Gorontalo

Penyekatan Perbatasan Tak Berlaku Bagi Warga Lokal Lintas Daerah

Idah Syahidah saat mendampingi Gubernur Rusli Habibie memberikan paket bantuan kepada petugas penjaga perbatasan darat yang ada di posko Atinggola Gorontalo Utara, Kamis (6/5/2021). Atinggola sendiri berbatasan dengan Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulut. (Foto – Salman)

PROSESNEWS.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberikan pengecualian kepada warga lokal untuk bisa melewati pos penyekatan di perbatasan antara Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara dengan Kecamatan Pinogaluman, Bolaang Mongondow Utara. Alasan pembebasan ini dikarenakan masyarakat yang ada di Pinogaluman Bolmut, tujuan mereka adalah untuk berbelanja di pasar Atinggola, Gorut.

“Pasar Atinggola lebih dekat dari pada pasar mereka di Bolmut. Tadi kita lihat banyak mereka yang lewat sini karena berdagang dan berbelanja di pasar Atinggola. Nah ini kami kecualikan, kami meloloskan mereka karena melihat jarak wilayah,” kata Rusli disela-sela peninjauan perbatasan Gorut-Bolmong, Kamis (6/5/2021).

Meski demikian lanjut Rusli, tentu saja harus ada syaratnya. Semua warga Pinogaluman Bolmut yang bisa melintas hanya dengan alasan untuk ke pasar. Itu pun harus meninggalkan kartu tanda penduduk (KTP) yang memang beralamatkan warga desa Pinogaluman, di posko perbatasan Atinggola dan akan ditukar dengan kartu tamu.

“Saya sudah bilang tadi, mereka bisa melintas berbelanja dengan meninggalkan KTP, lalu ditukar dengan kartu tamu. Setelah mereka selesai, singgah lagi di posko kita kembalikan lagi KTP. Kasihan juga lokasi pasar mereka lebih dekat ke Atinggola. Dan paling penting tentu saja jangan bawah penyakit, itu yang dilarang,” jelasnya.

Disela-sela kunjungan kerjanya bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey, gubernur tak lupa menyerahkan bantuan paket kepada petugas penjaga perbatasan. Rusli pun berpesan kepada semua petugas di perbatasan, untuk terus menjaga kesehatan.

“Selamat bekerja. Pesan saya jangan sampai sakit, terus jaga kesehatan. Terimakasih karena kita terus berkoordinasi dan tetap menjaga kekompakan. Kalau ada kendala apapun silahkan langsung melapor kepada kami di provinsi kepada saya gubernur, atau pak Kapolda, pak Danrem,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan gubernur sore itu, situasi diperbatasan Atinggola-Bolmut terpantau aman dan tidak ada penumpukan kenderaan. Hanya kenderan logistik dan ambulans yang terlihat sering keluar masuk.

Recent Posts

Persiapan Jelang Pilkada, KPU Kabgor Selesaikan 3 Tahapan Penting

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo telah, menyelesaikan beberapa tahapan penting dalam persiapan…

21 jam ago

Sebanyak 440 Petugas Pantarlih Dilantik, Siap Lakukan Coklit di Kabupaten Pohuwato

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) melantik sebanyak 440…

1 hari ago

KPU Gorontalo Utara Gelar Apel Gerakan Coklit Serentak untuk Persiapan Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara menggelar Apel Gerakan Coklit (Pencocokan dan…

2 hari ago

Paripurna DPRD Buteng, Kostantinus Sampaikan Pertanggungjawaban APBD 2023

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat paripurna…

2 hari ago

Jembatan Rusak di Hepuhulawa Limboto, Kadis PUPR Sebut Itu Tanggung Jawab BPBD

PROSESNEWS.ID - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Gorontalo, angkat bicara terkait rusaknya…

2 hari ago

KPU Boalemo Monitoring Verifikasi Faktual Pilkada Boalemo

PROSESNEWS.ID - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo, Meks Lagibu, melakukan monitoring di sejumlah…

2 hari ago