Pemprov Gorontalo

Perayaan HGN ke-78 Gorontalo, Disdikbud Dorong Peningkatan Prestasi Pendidikan

PROSESNEWS.ID — Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Provinsi Gorontalo yang ke-78 berlangsung yang hikmat dan meriah di lapangan Museum Purbakala Popa Eyato Gorontalo pada Sabtu, (25/11/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo, Ir. Rusli Wahjudewey Nusi, M.T., MM, menyampaikan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga pendidik di Provinsi Gorontalo. Ia menekankan, sebagai insan pendidikan, guru memiliki tanggung jawab memberikan makna cinta yang tulus dan ikhlas kepada para siswa.

“Tahun ini menjadi perayaan yang sangat bermakna karena banyak program pendidikan yang terlaksana dengan baik,” ucap Rusli.

Rusli juga mengapresiasi penuh upaya program pendidikan yang telah diluncurkan dan dilaksanakan hingga tahun ini, mendapatkan dukungan dan apresiasi dari seluruh tenaga pendidik di Provinsi Gorontalo.

Dengan tema “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar,” peringatan HGN tahun 2023 diwarnai dengan beberapa program pendidikan seperti Kurikulum 13, Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar, Sekolah Penggerak, Guru Penggerak, dan Platform Pendidikan. Semua ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dunia pendidikan.

Selaras dengan pandangan Kepala Dikbud Provinsi Gorontalo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Bakari, dalam amanatnya menyatakan, guru sebagai nahkoda tidak akan membalikkan lagi arah kapal merdeka belajar dan akan terus belajar untuk mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif.

“Keyakinan saya selama 4 tahun, juga dibantu oleh seluruh tenaga pendidik, khususnya guru, menjadi salah satu bentuk kepercayaan dan pencapaian tinggi dalam memerdekakan lingkungan belajar yang inklusif bagi siswa dan juga guru,” ujar Nadiem.

Dalam rangka memeriahkan HGN, Disdikbud Provinsi Gorontalo menggelar berbagai perlombaan, termasuk olahraga, kesenian, dan sains. Lomba ini melibatkan siswa dan guru dari seluruh Provinsi Gorontalo.

Rusli berharap agar peringatan HGN ke-53 ini dapat menjadi dukungan bagi siswa dan tenaga pendidik di Provinsi Gorontalo. Lomba yang diadakan diharapkan mampu menumbuhkan potensi dan minat bakat siswa dalam meningkatkan prestasi di berbagai bidang.

Melihat ke depan, Rusli mengajak tenaga pendidik untuk lebih peka dan memberikan hak selayaknya kepada murid untuk menerima ilmu yang baik dan tulus dari gurunya. Peringatan HGN tahun ini diharapkan menjadi momentum positif dalam pengembangan pendidikan di Provinsi Gorontalo.

Recent Posts

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

5 menit ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

25 menit ago

Dinas Pendidikan Gorontalo Adakan Bimtek Penyusunan Laporan Dana BOS dan BMD 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Dana…

22 jam ago

Kunjungi Buteng, Tina Alam Ungkap Programnya sebagai Cagub Sultra

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Tina Nur Alam bersama rombongan siang tadi berkunjung ke Buton Tengah…

2 hari ago

Coklit Data Pemilih di Boalemo Sudah Capai 67,83%

PROSESNEWS.ID - Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan oleh Panitia…

2 hari ago

Ketua KPU Gorontalo Turun Langsung Bersama Pantarlih Melakukan Coklit

PROSESNEWS.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Roy Hamrain turun langsung bersama…

2 hari ago