Gorontalo

Pernah Ramai, Wisata Sawah di Balahu Kini Sangat Memprihatinkan

PROSESNEWS.ID – Pernah fenomenal di awal tahun 2020, kini kondisi destinasi wisata sawah yang berada di Dusun Dulango, Desa Balahu, Kecamatan Tibawa sudah sangat memprihatinkan.

Berdasarkan pantuan tim prosesnews.id pada Sabtu (12/08), menunjukkan bahwa jalan jembatan yang membentuk huruf T di tengah sawah, yang sebelumnya menjadi daya tarik utama, telah lapuk dan tidak dapat lagi digunakan untuk akses.

Selain itu, panggung-panggung dan pondok-pondok kecil yang dulu menjadi tempat berfoto dan bersantai, kini sudah roboh dan tidak dapat digunakan.

Kasim Yusuf (43) yang merupakan warga sekitar mengungkapkan bahwa, ia tidak mengetahui alasan pasti mengapa tempat ini menjadi terlantar. Namun, ia menduga bahwa kemungkinan penyebabnya adalah ketiadaan pengurus yang bertanggung jawab.

“Kemungkinan karena sudah tidak ada pengelolanya pak, jadi so tidak ta urus lagi,” ungkap Kasim saat ditemui tim prosesnews.id.

Kasim juga mengungkapkan bahwa wisata yang diresmikan oleh Bupati Gorontalo pada tahun 2020 ini dulunya beroperasi saat kepemimpinan Kepala Desa Balahu dipegang oleh Bunda Masnun. Namun, setelah terjadi pergantian kepemimpinan, pengelolaan tempat ini tidak lagi berlanjut.

“Waktu itu cuma masih bunda yang depe kades ada bajalan depe pengelolaan ini, tapi skarang sudah tidak tau kenapa so tidak ta rawat bgini,” tutup Kasim.

Kondisi memprihatinkan dari destinasi wisata sawah yang dulunya mengundang decak kagum dari pengunjung ini menunjukkan pentingnya peran pengelolaan yang baik dalam menjaga daya tarik wisata.

Harapannya, pihak terkait dapat segera mengambil tindakan untuk menghidupkan kembali kejayaan wisata ini dan memberikan pengalaman berharga bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

6 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

6 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

8 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

12 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

13 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

16 jam ago