Hukum

Pertanyakan Pertambangan Ilegal di Pohuwato, Aktivis Lingkungan Bakal Demo di Polda Gorontalo

Fian Hamzah

PROSESNEWS.ID – Aliansi Pemuda Peduli Lingkungan Provinsi Gorontalo, baka melakukan aksi damai di Polda Gorontalo untuk mempertanyakan aktivitas pertambangan ilegal dengan menggunakan alat berat jenis Excavator.

Hal itu menyusul dengan aktivitas pertambangan ilegal menggunakan alat berat di Kabupaten Pohuwato yang berada di Kecamatan Buntulia, Marisa, Paguat dan Dengilo.

Aktivis Pemuda Peduli Lingkungan Provinsi Gorontalo Fian Hamzah, membeberkan jika di Kabupaten Pohuwato aktivitas pertambangan ilegal sudah menimbulkan kerusakan lingkungan yang sangat parah.

“Dari Empat lokasi pertambangan itu, semua sudah menggunakan alat berat dan itu akan menimbulkan kerusakan lingkungan yang berakibat pada banjir bandang,”

“Perlu diingat, bahwa kami mempersoalkan aktivitas pertambangan yang menggunakan alat berat. Jika, aktivitas pertambangan itu dilakukan secara manual, tidak terlalu menimbulkan kerusakan besar,” bebernya lagi.

Bahkan kata Fian, dibeberapa lokasi pertambangan, sudah ada yang masuk di areal kawasan hutan lindung. Dan cukup miris, Aparat Penegak Hukum (APH), hanya diam dan tidak menindaki praktek yang sudah nyata merusak lingkungan di Kabupaten Pohuwato.

Maka dengan begitu, pihaknya akan melakukan aksi di Polda Gorontalo, pada Kamis, (24/02/2022), guna mempertanyakan sikap Polda Gorontalo terhadap aktivitas pertambangan yang menggunakan alat berat.

Menurutnya, jika Polda Gorontalo membiarkan itu, maka patut di curigai ada pembicaraan khusus antara pengusaha pertambangan dengan oknum yang berada di Polda Gorontalo.

“Sebab, pernah ada penertiban sebelumnya dn mengamnkan satu buah alat excavator dan 1 orang operator dan 1 orang pengusaha. Namun, sampai dengan hari ini tidak ada tindaklanjut dan bahkan informasi yang kami dapatkan sudah di bebebaskan. Artinya, sudah sangat jelas ada permainan di dalam dan ada yang membekingi persoalan ini,” tegasnya.

Pada pokoknya kata Fian, rencana aksi di Polda Gorontalo bagian dari keresahan Pemuda yang aktif di bidang lingkungan, terhadap keamanan dan kenyamanan masyarakat agar tidak tertimpa bencana alam akibat aktivitas pertambangan dengan menggunakan alat berat. (**)

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

3 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

7 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

8 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago