Peristiwa

Petugas Temukan Telur Ayam hingga Telepon Genggam di Blok Tahanan Lapas Boalemo

PROSESNEWS.ID – Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Boalemo, Gorontalo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dalam blok tahanan.

Pagi itu terlihat hening, seluruh warga binaan terlihat sedang melakukan aktivitasnya masing-masing, mulai dari berolahraga, mencuci pakaian hingga melakukan pembersihan blok tahanan.

Warga binaan tidak mengetahui bahwa hari itu, ruang tahanan mereka akan digeledah. Kala itu, Kepala Lapas tengah memimpin apel sidak tersebut.

Senyap, terukur dan pasti, kondisi inilah yang dapat digambarkan pada kondisi sidak saat itu. Tim reaksi cepat yang dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Boalemo bersama jajarannya langsung bergerak cepat.

Tanpa diketahui warga binaan, Kalapas bersama tim kemudian langsung bergerak menuju ruang tahanan. Sidak yang dinamai Zero Halinar ini, akhirnya membuahkan hasil.

“Kami buktikan hari ini kami tak main-main. Setelah deklarasi Zero Halinar oleh Kementerian Hukum dan HAM, kami langsung beraksi,” kata Giyono, Kalapas Kelas IIB Boalemo.

“Kami awali dengan SOP penitipan handphone dan tas serta barang-barang yang dapat mengganggu keamanan di loker penitipan. Selain itu, mengecek apakah masih ada alat komunikasi dan barang-barang berbahaya di blok hunian maupun non-blok hunian,” ujarnya.

Pada sidak kali itu, petugas akhirnya menemukan barang yang tidak seharusnya ada di dalam lapas. Untuk warga binaan yang didapati membawa barang tersebut langsung diambil tindakan tegas oleh petugas.

“Telah kami sita beberapa barang bukti berupa satu buah handphone, ratusan butir telur ayam di dapur, dan puluhan bungkus rokok. Sedangkan narapidana yang terbukti membawa barang tersebut, dimasukkan di straf cell atau kamar khusus bagi narapidana yang bersalah,” ia menandaskan.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

7 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago